alexametrics

Model Outdoor Study Mudahkan Siswa Pahami Perkembangbiakan Tumbuhan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN IPA adalah pembelajaran mengenal tentang alam yang ada di sekeliling kita. Sebenarnya kita setiap hari sudah melihat alam lingkungan di sekitar kita. Banyak materi pembelajaran yang ada, tetapi ketika guru menyampaikan pembelajaran IPA di kelas banyak siswa yang terkesan tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, sehingga ketika di akhir pembelajaran guru bertanya banyak siswa diam dan tidak berani menjawab. Hal ini terjadi juga di Kelas VI SDN 1 Kadilangu, Kecamatan Kangkung. Ketika guru menyampaikan materi pembelajaran IPA tentang mengenal alat perkembangbiakan pada tumbuhan, banyak siswa berbicara sendiri bahkan ada yang terkesan cuek malas mengikuti pembelajaran. Guru kemudian berpikir dan mencoba mencari solusi dalam masalah yang dihadapi siswa kali ini. Sebenarnya ini juga masalah bagi guru juga. Kemudian guru kelas VI meminta saran dari guru senior dan juga Kepala Sekolah, bagaimana mengatasi permasalahan ini. Dari saran guru senior dan Kepala Sekolah guru kemudian menerapkan pembelajaran di luar kelas atau Outdoor Study.

Baca juga:  Atasi Maladaptif Melalui Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Behavioristik

Menurut Vera (2012), pembelajaran di luar kelas merupakan kegiatan belajar antara guru dan siswa, namun tidak dilakukan di dalam kelas, tetapi dilakukan di luar kelas atau alam terbuka sebagai kegiatan pembelajaran siswa. Menurut Husamah (2013:19), pembelajaran di luar kelas merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas/sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian/nelayan, berkemah, dan kegiatan yang bersifat kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan. Menurut Rustam dan Santoso (2015), pembelajaran di luar kelas adalah metode dimana guru mengajak peserta didik belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan peserta didik dengan lingkungannya.

Baca juga:  Efektivitas Latihan Paduan Suara dengan Metode Rekaman

Pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) adalah suatu kegiatan menyampaikan suatu pelajaran di luar kelas oleh guru untuk siswa, sehingga kegiatan atau aktivitas belajar mengajar berlangsung di luar kelas atau di alam bebas. Pendidikan di luar kelas bertujuan agar siswa dapat beradaptasi dengan lingkungan dan alam sekitar dan mengetahui pentingnya keterampilan hidup dan pengalaman hidup di lingkungan dan alam sekitar, serta memiliki apresiasi terhadap lingkungan dan alam sekitar.
Guru kelas VI kemudian merancang langkah-langkah pembelajaran Pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) sebagai berikut: 1) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari di luar kelas yaitu mengamati alat perkembangbiakan pada bunga sempurna dan tidak sempurna, 2) Guru menjelaskan materi tentang ciri-ciri bunga sempurna dan tidak sempurna, 3) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok 3-5 siswa, 4) Tiap kelompok diberi tugas di luar kelas untuk mengamati beberapa bunga yang ada dilingkungan sekolah, 5) Tiap kelompok mencatat semua pengamatan yang dilakukan kelompok, 6) Tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok, 7) Guru bersama siswa menyimpulkan materi tentang alat perkembangbiakan pada tumbuhan.

Baca juga:  Optimalisasi Media Pembelajaran sebagai Sarana Penunjang Belajar Siswa SD

Ternyata setelah guru mengadakan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study), siswa lebih semangat dan semua siswa terlihat aktif melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan senang. Tiap kelompok melaksanakan tugas dari guru mengamati bunga yang ada dengan antusias. Setelah di akhir pembelajaran dan guru memberi evaluasi tentang materi, hampir semua siswa mampu menjawab dengan benar pertanyaan guru. (dar2/zal)

Guru SDN 1 Kadilangu, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya