alexametrics

Asyiknya Belajar IPA Menggunakan Baper TTS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan salah satu pelajaran wajib yang harus diikuti dijenjang pendidikan Sekolah Dasar. IPA merupakan pelajaran yang menarik dan menantang untuk dipelajari bagi siswa sekolah dasar. Dengan belajar IPA siswa dapat mengetahui tentang alam, beserta kejadian dan bagian- bagian yang ada di dalamnya. Tata surya merupakan salah satu materi yang harus dikuasai. Namun pada materi ini penulis merasa pembelajaran kelas VI di SDN 3 Dudakawu masih belum maksimal,dan tidak sesuai yang diharapkan. Masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM.dari tiga puluh siswa hanya delapan anak saja yang mampu mendapatkan nulai di atas KKM
Setelah dilakukan observasi, hal ini terjadi karena pada materi tentang tata surya ini,, pada saat pembelajaran hanya mengajar mengunakan gambar-gambar planet beserta penjelasan dari buku saja. Sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang menarik,dan antusias siswa pun tidak ada. Padahal dalam kegiatan pembelajaran, hendaknya guru menggunakan model,dan metode pembelajaran yang inovatif, kreatif dan bervariasi sehingga pembelajaran bukan hanya duduk diam saja, namun harus ada aktivitas di dalamnya . Untuk itu maka penulis merasa tertantang dan berupaya menerapkan metode yang tepat sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan hingga berujung meningkatnya hasil belajar siswa.

Baca juga:  Pentingnya Kerja Sama Guru, Siswa dan Orang Tua saat Pembelajaran BDR

Penulis menggunakan metode Baper TTS. Baper bukanlah istilah anak muda yang suka bawa perasaan, tetapi akronim dari Bermain Peran. Dan TTS adalah Tentang Tata Surya. Jadi, Baper TTS adalah kependekan dari Bermain Peran Tentang Tata Surya. Dengan bermain siswa merasa lebih senang, mereka tidak merasa bahwa yang sedang dilakukannya adalah belajar, mereka seolah-olah tidak merasa sedang mengikuti pembelajaran di dalam kelas, namun yang dirasakannya adalah permainan yang asyik dan menyenangkan.. Hal ini sesuai dengan UU RI No 20 tahun 2003 pasal 20 ayat 2 tentang Sisdiknas, bahwa pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan logis.

Baca juga:  Metode Cooperatif Learning It’s Ok untuk Semua Mata pelajaran

Metode Baper ini dipilih dan dilakukan oleh penulis karena dianggap sesuai dengan kondisi siswa kelas 6 SDN 3 Dudakawu .Dengan Baper TTS yang konsep dasarnya adalah bermain, maka para siswa seolah terhipnotis untuk melakukan permainan sesuai peran yang didapatnya dari sang sutradara yaitu guru kelasnya. Suasana kelas menjadi ceria dan semangat.
Kegiatan dalam bermain peran ini diawali dengan guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan sembilan siswa. Setiap siswa mendapat satu peran dengan memakai kalung nama planet yang terbuat dari kertas sebagai identitas. Satu siswa berperan sebagai matahari, dan siswa lainnya memerankan nama-nama planet. Selanjutnya siswa memulai kegiatannya dengan cara: siswa yang berperan sebagai matahari memposisikan diri berdiri di tengah kelas, kemudian teman-temannya yang berperan sebagai merkurius mengelilinginya sambil menyampaikan ciri-ciri planet merkurius yang telah dipelajari sebelumnya. Selanjutnya siswa yang berperan sebagai bumi juga melakukan hal yang sama, yaitu mengelilinginya sambil menyampaikan ciri-ciri yang dimiliki bumi, begitu seterusnya hingga sampai planet neptunus, dan dilakukan secara berurutan. Kelompok lain mengamati hingga selesai dan melakukan hal yang sama secara bergantian.

Baca juga:  Literasi Digital, Mengikis Budaya Malu Bertanya di Kelas

Setelah selesai pembelajaran, penulis memberikan tes lisan tertulis, ternyata terjadi perubahan yang sangat signifikan. Dari tiga puluh siswa hanya empat anak saja yang nilai tes tertulisnya di bawah KKM. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Baper TTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SDN 3 Dudakawu. Dan sebagai tindak lanjut, agar materi tentang tata surya ini tetap dikuasai oleh siswa, penulis juga mengarahkan agar mereka sering mengulang Baper TTS pada saat bermain bersama teman-temannya, baik saat di sekolah maupun di rumah. (dar1/zal)

Guru SDN 3 Dudakawu, Kabupaten Jepara.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya