alexametrics

Belajar IPS melalui Video Based Learning

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN IPS di SMP merupakan mata pelajaran yang sangat komplek, di mana siswa harus mempelajari sekaligus empat materi pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sejarah, dan sosiologi. Ini dirasa berat bagi peserta didik di SMP 20 Semarang, apalagi belajar di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Pelajaran yang dirasa berat itu, menjadikan pertimbangan penulis, untuk menyusun metode pembelajaran yang tepat dan efektif, sehingga pembelajaran itu mengena dan mudah dipahami siswa.

IPS merupakan mata pelajaran terpadu, yang membutuhkan suatu pendekatan pembelajaran yang lepas, agar peserta didik dapat mencapai tujuan dan menambah keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dalam bermasyarakat perlu berinteraksi berhubungan dengan antarteman, kelompok dan masyarakat.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Liveworksheet

Oleh karean itu, supaya dalam kegiatan pembelajaran IPS di SMP 20 Semarang lebih mengena, menarik agar siswa tidak bosan di masa pandemi Covid-19, penulis mencoba memanfaatkan teknologi dengan menggunakan video yang dikirim melalui WA (whatsapp) grup. Contoh, misalnya dalam menyampaikan atau menjelaskan mengenai materi ruang. Di masa pandemi sekarang ini, tidak bisa bertemu langsung atau bertatap muka dengan siswa, dirasa sulit untuk menyampaikan materi pembelajaran. Untuk itu, guru menggunakan video sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dirasa tepat di masa sekarang.

Dengan metode video based learning diharapkan peserta didik lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga capaian nilai akan bagus. Video based learning adalah penyampaian pengetahuan atau keterampilan dengan menggunakan video. Sekarang pertanyaannya mengapa menggunakan video, apa alasannya. alasanya yaitu, 1) lebih efektif dan efisien, 2) pengenalan belajar baru, 3) mudah dimengerti, 4) mendukung aktivitas siswa. Video dibuat dengan tujuan menyampaikan sebuah pesan atau pelajaran yang dapat diterima dan mudah diingat oleh siswa.

Baca juga:  Pembelajaran Menyenangkan pada Materi Interaksi Manusia dan Ruang dengan Google Map

Diharapkan masa pandemi Covid-19 tidak menghentikan atau menghambat tugas guru untuk memberikan pelayanan kepada peserta didik guna menyampaikan materi pelajaran. Pembelajaran jarak jauh atau daring berbasis teknologi dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan begitu, dapat dijadikan jembatan antara guru dengan peserta didik untuk melakukan interaksi, video merupakan alternatif yang tepat untuk meningkatkan model pembelajaran. Sehingga peserta didik terbentuk menjadi pribadi yang aktif, mandiri dan kritis. (ips2/ida)

Guru IPS SMPN 20 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya