alexametrics

Online Geschichte Lesen : Belajar Bahasa Jerman yang Asyik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran secara online atau daring menjadi cara pembelajaran yang harus dilakukan dalam masa pandemi ini. Mulai dari tingkat PAUD hingga pada level perkuliahan. Hal ini perlu dilakukan untuk dapat mencegah penyebaran Covid-19. Di sinilah para pendidik, peserta didik dan orang tua mendapatkan tantangan baru untuk dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada.

Guru ditantang untuk dapat menyajikan pembelajaran online yang menarik dan interaktif namun tidak membebani siswa mengingat mereka belajar secara mandiri. Siswa dituntut untuk belajar dan memahami materi pembelajaran secara mandiri dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Kesulitan yang sering kali dihadapi siswa adalah terkendala dengan pemahaman terhadap materi ajar. Selain itu, kendala teknis seperti susah sinyal, limit kuota adalah hal lumprah yang harus dipahami oleh semua pihak. Orang tua mendapat tugas baru untuk mendampingi dan mengawal anak-anaknya agar dapat belajar dengan baik dan tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Baca juga:  Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauh

Hallo, guten morgen alle zusammen (hallo selamat pagi semuanya!) itu adalah sapaan yang digunakan saat membuka pelajaran dengan aplikasi zoom video communication yang merupakan layanan konferensi video berbasis komputasi awan asal Amerika Serikat (https://id.wikipedia.org/wiki/Zoom). Aplikasi yang sangat populer bahkan menempati rating penggunaan tertinggi di masa pandemi Covid-19 ini. Aplikasi ini membantu pembelajaran berlangsung secara interaktif dan komunikatif dan berlangsung pada jadwal yang sudah ditentukan.
Dengan aplikasi ini guru dapat menerapkan beberapa metode pembelajaran seperti ceramah, diskusi, presentasi dll. Tapi bisa dibayangkan jika dalam 4 jam pelajaran peserta didik hanya mendapat ceramah dari gurunya.. oh betapa membosankan. Oleh karena itu, guru dapat mengkombinasikan dari beberapa metode yang ada.

Baca juga:  Menyelesaikan Fungsi Kuadrat dengan Pembelajaran TPS

NLINE GESCHICHTE LESEN (pembacaan dongeng secara online) adalah sebuah kombinasi beberapa metode pembelajaran secara online/daring. Pembelajaran ini disajikan dengan cara mengombinasikan metode ceramah, presentasi video, diskusi, dan test. Jadi pertama-tama siswa diberi lembar kata kunci, daftar tempat-tempat historical yang akan muncul dalam dongeng dan lembar pertanyaan tentang sebuah dongeng. Kemudian dongeng sederhana (mengingat kemampuan bahasa siswa masih terbatas) dibacakan oleh guru sambil dipresentasikan slide- slide atau video yang mengilustrasikan dongeng tersebut. Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan. Setelah itu guru menanyakan kepada siswa hal-hal yang tidak dimengerti dan mendiskusikannya bersama. Di akhir pembelajaran peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan secara langsung. Dengan cara ditunjuk berdasarkan presensi. Dari hasil refleksi yang dilakukan peserta didik merasa senang dan dapat mengikuti pembelajaran dengan asyik.

Baca juga:  Mengelola Nilai Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh

Peserta didik cukup antusias dan tertantang dengan adanya pembelajaran interaktif semacam itu. Namun tentu saja intensitas pembelajaran daring secara interaktif seperti itu tidak dapat dilakukan pada setiap pertemuan, mengingat banyaknya kendala teknis yang ada. (on1/lis)

Guru Bahasa Jerman SMAN 1 Bandar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya