alexametrics

Pembiasaan Sejam Media Music Remix Tingkatkan Kesehatan Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebenarnya sangat mudah untuk menciptakan kesehatan itu. Membiasakan makan yang bergizi, cukup beristirahat, dan melaksanakan olahraga ringan rutin. Tetapi biasanya seseorang kurang bisa mengatur waktu dan tidak sempat melaksanakan olahraga ringan secara rutin. Hal ini terjadi di SDN 2 Korowelangkulon.

Berdasarkan pengamatan dan dialog guru olahraga dengan beberapa siswa diambil kesimpulan ternyata banyak siswa tidak melaksanakan olahraga ringan di rumah. Hal ini menjadi bahan pemikiran bagi guru olahraga mencari solusi agar siswa dan seluruh guru menyukai olahraga. Kemudian guru penjasorkes merancang kegiatan pembiasaan senam ringan.

Setiap hari Jumat pagi semua guru dan siswa untuk melaksanakan senam dengan gerakan mengikuti guru penjasorkes yang berada di depan siswa di halaman sekolah tetapi dengan musik yang berbeda yaitu music remix.

Baca juga:  Dengan Tabel, Belajar Matematika Jadi Enjoy

Perilaku kesehatan adalah semua aktivitas seseorang baik yang dapat diamati (observable) maupun yang tidak dapat diamati (unobservable),yang berkaitan dengan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan. Menurut Soekidjo Notoatmojo (2010: 25), faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku hidup sehat adalah sebagai berikut: pertama, faktor makanan dan minuman terdiri dari kebiasaan makan pagi, pemilihan jenis makanan, jumlah makanan dan minuman, kebersihan makanan. Kedua, faktor perilaku terhadap kebersihan diri terdiri dari mandi, membersihkan mulut dan gigi, membersihkan tangan dan kaki, kebersihan pakaian. Ketiga, faktor perilaku terhadap kebersihan lingkungan lingkungan terdiridari kebersiahn kamar, kebersihan rumah, kebersihan lingkungan rumah, kebersihan lingkungan sekolah. Keempat, faktor perilaku terhadap sakit dan penyakit terdiri dari pemeliharaan kesehatan, pencegahan terhadap penyakit, rencana pengobatan dan pemulihan kesehatan. Kelima, faktor keseimbangan antara kegiatan istirahat dan olahraga terdiri dari banyaknya waktu istirahat, aktivitas di rumah dan olahraga teratur.

Baca juga:  Meminimalkan Pengaruh Buruk Gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak SD

Tujuan dari guru penjasorkes melaksanakan kegiatan sejam memure (Senam Jasmani Media Musik Remik) sebagai pembiasaan Jumat pagi adalah membantu membiasakan guru dan siswa tetap menjaga kesehatan dengan kegiatan senam ringan. Hanya saja kali ini guru penjasorkes mencoba dengan musik yang berbeda yaitu menggunakan media music remix.

Kemudian guru merancang langkah-langkah kegiatan sejam memure (Senam Jasmani Media Musik Remik) sebagai berikut: Pukul 06.00 pagi guru menyiapkan perangkat senam Jumat pagi, kemudian membariskan siswa di halaman dengan jarak dua lengan agar tidak bersentuhan dengan yang lain. Guru penjasorkes berdiri di depan siswa untuk memberi beberapa gerakan yang harus diikuti peserta senam pagi. Lalu guru membunyikan musik remix dan guru melakukan gerakan senam yang disesuaikan dengan ketukan nada musik remix. Guru mencoba musik remix yang lagu berbeda dan siswa mengikuti gerakan yang diajarkan guru. Guru memberikan penjelasan tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan melaksanakan senam ringan disertai musik yang kita suka misalnya musik remix. Guru memberi tugas secara kelompok untuk melaksanakan senam ringan di rumah dan dibuat video untuk dikirim melalui WhatsApp ke guru penjasorkes.

Baca juga:  Siswa lebih Aktif dengan Discovery Learning

Ternyata setelah memberikan kegiatan senam menggunakan music remix, siswa lebih bersemangat dalam mengikuti senam dan guru tidak menuntut gerakan harus bagus atau indah yang penting siswa melakukan gerakan sesuai ketukan nada musik remix. Terbukti siswa mampu membuat video secara kelompok dan mengirim melalui WhatsApp. (ips2.1/lis)

Guru Penjasorkes SDN 2 Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya