alexametrics

Belajar Volume Tabung dengan Strategi Inkuiri Multimedia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan berbagai strategi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Pembelajaran volume tabung di kelas 6 sekolah dasar bertujuan agar siswa mampu mengidentifikasi volume tabung dan menggunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Anggapan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sidalang 01 Kecamatan Tersono Kabupaten Batang tentang materi volume tabung pada pelajaran matematika yang sulit, menyebabkan rendahnya minat untuk belajar, menimbulkan rasa bosan, kurang menyenangi proses pembelajaran, mengalami kesulitan belajar sehingga tujuan pembelajaran menjadi tidak tercapai.

Baca juga:  Bermain Sains dengan Anak TK Pertiwi Jatiroyom

Salah satu strategi pembelajaran yang tepat adalah strategi inkuiri menggunakan multimedia. Dengan strategi inkuiri menggunakan multimedia, diharapkan dapat mengembangkan sikap dan keterampilan siswa, sehingga siswa dapat menjadi pemecah masalah yang mandiri (independent problem solvers), mengembangkan kemampuan berpikir, mudah dalam memahami materi pelajaran, proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu penggunaan media pembelajaran multimedia dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar, menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi, menciptakan situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa, mewujudkan situasi belajar yang efektif, dan memberikan motivasi belajar siswa.

Menurut Exline (2004: 1) menyebutkan bahwa: “Inquiry is defined as a seeking for truth, information, or knowledge seeking information by questioning.” Inkuiri didefinisikan sebagai pencarian kebenaran, informasi, atau pengetahuan yang mencari informasi dengan pertanyaan.
Langkah-langkah penerapan strategi inkuiri menggunakan multimedia dalam pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, siswa mengamati tayangan video dalam mutlimedia pembelajaran tentang benda-benda yang termasuk bangun ruang. Kedua, siswa membedakan benda-benda yang termasuk bangun ruang dengan yang bukan bangun ruang. Ketiga, siswa mengenal bangun ruang tabung dan menemukan ciri-cirinya. Keempat, siswa mengenal bagian-bagian tabung. Kelima, siswa mendefinisikan konsep tabung melalui ciri-cirinya. Keenam, siswa menemukan rumus volume tabung. Ketujuh, siswa menghitung volume tabung dengan rumus. Kedelapan, siswa menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Lebih Mudah Mengenal Sudut-Sudut dengan Jadut

Penerapan strategi inkuiri untuk mempelajari konsep volume tabung melalui multimedia dapat mengembangkan sikap dan keterampilan siswa dalam bidang teknologi, merangsang minat siswa untuk belajar, mewujudkan situasi belajar yang efektif, memberikan motivasi belajar siswa, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah sendiri, mengembangkan kemampuan berpikir, materi pelajaran tidak mudah dilupakan, proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, dan tujuan pembelajaran tercapai. (gm2/ton)

Guru Kelas VI SD Negeri Sidalang 01 Kec. Tersono

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya