alexametrics

Wabah Covid-19 Mengharuskan Belajar Jarak Jauh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penyebaran covid-19 yang mendunia berdampak terhadap dunia pendidikan guru, siswa dan orangtua/wali murid dimanapun diseluruh wilayah Indonesia bahkan di berbagai negara. Dalam kondisi seperti ini, maka penggunaan teknologi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran secara daring/pembelajaran jarak jauh.

Bagi guru yang terbiasa menggunakan dan mengakses internet/dunia maya tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Namun bagi guru yang belum terbiasa, tidak akrab dengan jaringan informasi internet, akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk pembelajaran jarak jauh, dan harus dipersiapkan sehingga pelaksanaanya bisa berjalan lancar. Hal-hal yang perlu disiapkan di antaranya : siapkan ruangan di rumah untuk video call, temukan lokasi dengan sinyal internet yang kuat, cahaya alami yang cukup, dan latar belakang yang jelas, mulai video call dengan siswa di kelas Anda. Dengan Google Meet, Anda dapat melakukan panggilan video dan mengundang seluruh siswa di kelas, rekam pelajaran agar dapat diputar kembali, rekam pelajaran agar siswa dan rekan Anda bisa menontonnya nanti. Siarkan pelajaran secara langsung, live streaming (siaran langsung) menghemat bandwidth pada koneksi internet yang lemah. Rekam pelajaran dan posting di Classroom agar dapat diakses para siswa nanti

Baca juga:  Pembelajaran Hak dan Kewajiban dengan Sosiodrama

Google Classroom membantu guru dalam membuat dan menyusun tugas, memberi masukan, serta berkomunikasi dengan seluruh siswa di kelas. Buat situs web kelas untuk siswa dengan Google Sites. Anda dapat dengan mudah membuat situs web kelas pribadi untuk dijadikan sebagai pusat informasi pembelajaran, lembar kerja, video, dan lainnya. Buat pelajaran dengan Google Slides. Google Slides menjadikan materi pelajaran Anda lebih hidup dengan berbagai template tema presentasi, video bawaan, animasi, dan lainnya. Buat, bagikan, dan edit Google Dokumen.

Pendidikan jarak jauh memiliki beberapa karakteristik dasar. Di antaranya pengajar dan peserta didik tidak berada dalam satu ruang yang sama saat proses belajar-mengajar berlangsung. Penyampaian materi ajar dan proses pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media komunikasi dan informasi. Menekankan pada cara belajar mandiri namun ada lembaga yang mengaturnya, membatasi pada pertemuan tatap muka. Biasanya pertemuan tatap muka dilakukan secara periodik antara peserta didik dengan pengajar atau tutor, fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Dengan kata lain masing-masing peserta didik dapat mengatur waktu belajarnya sendiri sesuai dengan ketersediaan waktu dan kesiapannya.

Baca juga:  Waspada Kekerasan pada Anak saat Belajar Jarak Jauh

Pembelajaran elektronik atau pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet. Kemajuan yang terjadi dalam dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam dunia pendidikan. Peluang baru yang muncul termasuk akses yang lebih luas terhadap konten multimedia yang lebih kaya, dan berkembangnya metode pembelajaran baru yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Di sisi lain kemajuan teknologi dengan beragam inovasi digital yang terus berkembang juga menghadirkan tantangan baru bagi penyelenggara pendidikan untuk terus menyesuaikan infrastruktur pendidikan dengan teknologi baru. (dj2/ton)

Guru SMA Negeri 1 Bandar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya