alexametrics

Media Game Monopoli Kimia untuk Evaluasi Pembelajaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam memahami materi. Media dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa sehingga akan meningkatkan ketuntasan belajar. Selain dapat digunakan dalam proses pembelajaran, penggunaan media juga dapat digunakan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran misal dalam pengambilan nilai baik dalam ulangan harian maupun tugas.

Selama ini dalam pengambilan nilai misal dalam ulangan harian biasanya menggunakan soal tertulis baik berupa pilihan ganda maupun esai. Cara ini terkadang membuat siswa merasa terbebani apalagi untuk yang tidak belajar pada malam harinya. Untuk itu diupayakanlah cara baru dalam pengambilan nilai setelah materi pembelajaran selesai diajarkan.

Di SMAN 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal kelas X penulis mencoba menggunakan media permainan yang dinamai monopoli kimia untuk pengambilan nilai. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok dengan anggota terdiri dari 4 siswa yang berbeda kemampuan. Seperti dalam permainan monopoli siswa diberikan kesempatan melempar dadu. Pada kotak yang ditempati langkah terakhir siswa akan mendapatkan perintah atau tugas sesuai dengan apa yang ada pada kotak tersebut bisa berupa soal atau perintah lainnya yang menarik.

Baca juga:  Serunya Belajar Karya Dekoratif dengan Model Discovery Learning

Kelompok yang mendapatkan soal maka berkewajiban mengerjakan soal tersebut dan hasilnya diberikan kepada guru. Jika hasilnya benar, kelompok tersebut diperbolehkan ikut pada putaran berikutnya dan sebaliknya jika jawabannya salah tidak boleh ikut pada putaran berikutnya.

Kelompok yang menang adalah kelompok yang dapat menjawab lebih dari 5 soal yang disediakan. Hasil dari menjawab soal tersebut dapat digunakan untuk nilai kelompok dan nilai individu. Selama mengikuti kegiatan ini siswa terlihat bersemangat dan lebih percaya diri karena meskipun ada soal yang sulit dengan bekerja sama dalam kelompok bisa diselesaikan. Hal ini sesuai yang diungkapkan Hamalik (1986) dalam Arsyad (2013:19) yang mengungkapkan bahwa pemakaian media pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan motivasi serta membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Baca juga:  Ikatan Cinta H2O

Penggunaan media pembelajaran baik ketika dalam proses maupun dalam evaluasi pembelajaran semestinya digunakan oleh guru agar mendapatkan hasil yang diharapkan. (on2/lis)

Guru Kimia SMA Negeri 1 Pagerbarang, Kabupaten Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya