alexametrics

Asyiknya Bermain Word Chain Game untuk Melatih Kosakata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kata adalah inti dari bahasa. Pemahaman yang baik pada bahasa ditandai dengan baiknya seseorang memaknai kata-kata atau mengungkapkan makna melalui kata-kata. Oleh karena itu, penguasaan kosakata yang baik sangat menentukan penguasaan bahasa yang baik pula. Seseorang dikatakan memiliki penguasaan kosakata yang baik manakala dia memiliki banyak perbendaharaan kosakata.

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, banyaknya perbendaharaan kosakata sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh pencapaian kompetensi pembelajaran. Siswa yang menguasai banyak kosakata akan lebih mudah memahami materi pelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu, peningkatan penguasaan kosakata siswa harus diupayakan.

Sebetulnya belajar kosakata bisa dilakukan siswa secara mandiri setiap saat mereka mau. Mereka bisa membuka kamus ketika mereka menemukan kosakata baru dimanapun dan kapanpun. Karena kosakata baru tidak hanya bisa mereka temukan pada materi pembelajaran Bahasa Inggris di kelas saja, tapi mereka juga bisa menemukannya pada teks-teks yang mereka temukan dalam keseharian mereka. Terlebih di jaman canggih sekarang, kita tidak perlu membawa kamus tebal kemana-mana, karena kita bisa memasang aplikasinya di ponsel kita.

Baca juga:  Permainan Team Building, Tingkatkan Karakter dan Minat Belajar Siswa

Motivasi dan semangat siswa untuk mengerti dan menghafal arti kosakata merupakan modal utama keberhasilan mereka dalam belajar. Walaupun demikian, sebagai guru kita tetap harus berusaha untuk membimbing dan memotivasi semua siswa kita untuk belajar kosakata dengan giat. Kita bisa melatih penguasaan kosakata siswa dengan memberi mereka banyak kegiatan. Salah satu kegiatan yang penulis lakukan untuk melatih penguasaan kosakata siswa di SMP Negeri 1 Petarukan adalah bermain Word Chain Game. Permainan ini cukup efektif untuk melatih penguasaan kosakata siswa dengan suasana yang santai tapi tetap serius.

Dalam permainan ini, siswa di kelas berdiri membentuk lingkaran. Siswa pertama menyebutkan satu kata pilihannya, kemudian siswa kedua harus menyebutkan satu kata yang mempunyai huruf awal sama dengan huruf akhir kata pertama. Selanjutnya siswa ketiga harus menyebutkan kata yang huruf awalnya sama dengan huruf akhir kata kedua. Misal siswa pertama menyebutkan kata “tea”, maka siswa kedua bisa menyebutkan kata “apple”, sedangkan siswa ketiga bisa menyebutkan kata “egg”. Begitu seterusnya. Siswa tidak boleh mengulang kata yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika seorang siswa tidak dapat menyebutkan kata dengan benar maka dia harus keluar dari lingkaran. Siswa yang bisa bertahan berada dalam lingkaran itulah siswa yang menang. Dan bisa disimpulkan bahwa dialah yang memiliki banyak perbendaharaan kosakata.

Baca juga:  Outdoor Study, Pembelajaran IPS Menyenangkan dan Aman di Masa PTM Terbatas

Permainan ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, tapi sangat bermanfaat untuk memotivasi siswa dalam belajar kosakata. Permainan ini bisa dilakukan sebagai warming up (pemanasan) sebelum kegiatan pembelajaran di kelas dimulai, atau kegiatan penutup setelah kegiatan pembelajaran selesai.

Selebihnya guru bisa membiasakan siswa untuk memahami makna kata-kata melalui teks-teks yang diberikan dalam pembelajaran. Guru juga bisa membiasakan siswa untuk berani mengungkapkan makna melalui kata-kata dalam dialog-dialog yang mereka praktekkan di kelas. Semakin sering siswa melatih kemampuannya dalam menguasai kosakata akan semakin baik hasilnya. (on2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Petarukan, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya