alexametrics

Belajar Global Warming dengan Permainan Ular Tangga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Fenomena global warming merupakan isu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi pokok permasalahan seluruh negara di dunia. Gejala bumi yang semakin meningkat inilah yang dikenal dengan global warming atau pemanasan global.

Gejala global warming yang terjadi di bumi ditandai dengan fenomena perubahan siklus iklim yang tidak menentu, sulitnya diprediksi kapan musim hujan dan musim kemarau, mencairnya gunung salju dan gletser yang menyebabkan ketinggian permukaan air laut yang meningkat. Dampak paling buruk dari global warming adalah kepunahan makhluk hidup yang tidak bisa beradaptasi dengan meningkatnya suhu.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menanamkan rasa kepedulian diri terhadap lingkungan, penanaman nilai tersebut dapat diberikan melalui pendidikan karakter di sekolah. Salah satu Kompetensi Dasar kelas VII mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Wiradesa adalah “Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem termasuk perubahan iklim”, maka dari itu dalam melaksanakan pembelajaran materi global warming diperlukan suatu media pembelajaran kreatif edukatif yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan berpartisipasi aktif.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Reproduksi Manusia dengan Video Pembelajaran

Permainan ular tangga menjadi alternatif yang digunakan sebagai media belajar untuk mencapai pemahaman bagi peserta didik di sekolah tentang materi global warming. Media pembelajaran ular tangga dapat dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran di kelas maupun belajar secara mandiri. Media permainan dapat meningkatkan motivasi pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan media yang kreatif dan menarik akan meningkatkan hasil belajar. Penggunaan media ular tangga merupakan salah satu media yang menarik. Ular tangga merupakan permainan tradisional yang banyak digemari oleh anak-anak.

Langkah-langkah dalam pembuatan permainan ular tangga terdiri atas beberapa tahap yaitu pembuatan peta konsep, pembuatan peta kompetensi, pembuatan desain ular tangga, pembuatan papan ular tangga, pembuatan kartu pertanyaan, pembuatan aturan permainan dan penskoran.

Baca juga:  Toturial Youtube Prakarya Tingkatkan Skill Wirausaha di Masa Pandemi

Pembuatan media pembelajaran ular tangga materi global warming dibuat seperti permainan ular tangga pada umumnya. Permainan ini melatih ketangkasan siswa dalam menjawab, mengembangkan motorik siswa untuk berpikir dan menjawab pertanyaan. Isi di setiap kartu pertanyaan dibuat sesuai peta konsep serta peta kompetensi pembelajaran materi global warming yang dibuat agar sesuai dengan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran.

Belajar menggunakan media permainan ular menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan. Pesera didik termotivasi untuk belajar dan bermain sehingga tidak merasa jenuh walaupun belajar secara mandiri di rumah. Peserta didik bisa lebih banyak membaca atau browsing di internet untuk menjawab soal pada kartu pertanyaan. Kegiatan pembelajaran lebih bervariasi tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan pengajar sehingga tidak timbul kebosanan bagi peserta didik. Pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga memungkinkan peserta didik menguasai tujuan pembelajaran. Implementasi dari pembelajaran ini diharapkan nilai peserta didik lebih meningkat dan dapat berpartisipasi aktif dalam mengurangi dampak global warming. (on2/lis)

Baca juga:  Serunya Belajar Organ Pernafasan dengan Metode Snowball Throwing

Guru IPA SMPN 1 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya