alexametrics

Asyiknya Belajar Sistem Tata Surya dengan Multimedia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN IPA diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Selain itu, IPA dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Maka, proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Penerapan IPA di tingkat SD diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat). Yakni, pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.

Pembelajaran materi Sistem Tata Surya menggunakan metode ceramah dan penggunaan media gambar diam kurang meningkatkan perhatian siswa. Hal itu justru menyebabkan siswa cepat bosan dan sulit memahami materi. Padahal, materi tata surya merupakan materi yang nyata namun abstrak. Ada wujudnya, tetapi guru tidak mungkin membawa wujud asli benda tersebut ke dalam kelas. Artinya, membutuhkan media yang bukan sekadar gambar diam yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Minat Daring Perbankan melalui Office Meet

Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis berusaha menggunakan kemajuan teknologi dengan multimedia dalam pembelajaran materi Sistem Tata Surya di kelas VI SD Negeri Sidalang 01 Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Dengan media berbentuk animasi, siswa dapat mempraktikkan dan memvisualkan tatanan sistem tata surya secara langsung. Dengan melihat animasi audio visual yang disajikan, bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Bahkan mampu meningkatkan perhatian siswa, sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi langsung antarsiswa dan kemungkinan siswa dapat belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya, membantu mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran seperti keterbatasan indra, ruang dan waktu dalam menyampaikan materi. Siswa mudah memahami materi dan meningkatkan prestasi belajar.

Baca juga:  Edukasi Diet dalam Pembelajaran PJOK

Langkah-langkah pembelajarannya meliputi persiapan, guru harus mengerti cara penggunaan, mengetahui tujuan utama penggunaan, dan secara tepat penggunaan multimedia. Mengingat penggunaan multimedia bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar. Kegiatan selama penggunaan multimedia, guru harus mampu meminimalisasi gangguan dari luar untuk menghindari pemecahan konsentrasi, manfaatkan semaksimal mungkin semua fitur yang ada sehingga pembelajaran dapat menarik dan tidak membosankan.

Kemudian, menyiapkan media. Pemanfaatan multimedia diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa, mendorong tumbuhnya keterampilan belajar mandiri, keterampilan bernalar, dan keterampilan memanfaatkan berbagai sumber belajar.

Pada awal pembelajaran, merupakan kegiatan inti. Di sini guru melakukan tanya jawab secara lisan mengenai materi yang dipelajari sebelumnya terkait dengan sistem tata surya. Guru memberikan penjelasan singkat kepada siswa tentang mengenal, mengetahui, membedakan antara matahari, planet, planet kerdil, satelit, asteroid, dan komet, menjelaskan dan menyebutkan tentang urutan planet yang beredar mengelilingi matahari dalam tata surya.

Baca juga:  Konsep Dasar Bilangan Pecahan Menggunakan Metode potong kue

Kegiatan tindak lanjut, untuk menelusuri ketercapaian tujuan penggunaan multimedia. Yakni untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Sistem Tata Surya. Oleh karena itu, pengukuran dapat dilakukan secara tertulis. Hasilnya akhirnya, proses pembelajaran Sistem Tata Surya menggunakan multimedia dapat meningkatkan perhatian, menggeser pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan pemahaman siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (gm1/ida)

Guru SDN Sidalang 01 Kecamatan Tersono Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya