alexametrics

Media Gambar Mudahkan Siswa Pahami Ciri-Ciri Khusus Hewan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IPA adalah pelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Dengan IPA, bisa mengenal lingkungan alam yang ada di sekitarnya. Tetapi dalam pembelajaran IPA dibutuhkan persiapan matang bagi guru, sehingga dalam menyampaikan materi pembelajaran mudah diterima siswa, dan bisa meningkatkan kemampuan paedagogik dan psikomotorik siswa.
Namun guru yang kurang persiapan, menyebabkan siswa kurang bisa menangkap materi yang disampaikan guru. Bahkan siswa merasa jenuh ataupun gaduh karena tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru secara utuh. Hal ini terjadi di kelas VI SDN 1 Ketapang. Siswa tidak merespon materi pelajaran yang disampaikan guru. Hal ini menyebabkan guru berpikir keras untuk mengatasi masalah yang ada. Kemudian guru menyiapkan media gambar pada materi ciri-ciri makhluk hidup.

Media gambar adalah perwujudan lambang dari hasil peniruan benda-benda, pemandangan, curahan pikiran atau ide-ide yang divisualisasikan ke dalam bentuk dua dimensi. Bentuknya dapat berupa gambar situasi dan lukisan yang berhubungan dengan pokok bahasan berhitung. Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual ke dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bentuknya bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque projector (Hamalik, 1994:95). Media gambar adalah media yang paling umum dipakai, yang merupakan bahasan umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana (Sadiman, 1996:29). Media gambar merupakan peniruan dari benda-benda dan pemandangan dalam hal bentuk, rupa, serta ukurannya relatif terhadap lingkungan (Soelarko, 1980:3).

Baca juga:  Candy Introductions Tingkatkan Pembelajaran Describing Things

Pemanfaatan media pembelajaran ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu upaya mempertinggi proses interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Menurut Sadiman (1996:31), kelebihan media gambar adalah sebagai berikut, a) sifatnya konkrit dan lebih realistis dalam memunculkan pokok masalah, jika dibandingkan dengan bahasa verbal. b) Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. c) Dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. d) Memperjelas masalah dalam bidang apa saja dan untuk semua orang tanpa memandang umur sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalahpahaman. e) Harganya murah dan mudah didapat serta digunakan.

Langkah-langkah pembelajaran guru pada materi ciri-ciri makhluk hidup pada hewan menggunakan media gambar sebagai berikut, 1) guru menyiapkan gambar hewan sesuai materi ciri-ciri hewan seperti, cicak, tokek, bebek, dan bunglon. 2) Guru menunjukkan gambar sambil menjelaskan tentang jenis makanan, cara memperoleh makanan, dan cara menyelamatkan diri hewan pada gambar. 3) Guru menunjukkan gambar hewan yang dijelaskan tadi dan kemudian menanyakan kepada salah satu siswa. 4) Guru membentuk siswa menjadi kelompok terdiri dari 3-4 siswa dalam kelompok. 5) Kemudian guru membagikan gambar pada tiap kelompok dengan gambar jenis hewan yang berbeda. 6) Setelah itu guru memberikan tugas pada tiap kelompok untuk menyebutkan jenis makan, cara memperoleh makanann dan cara menyelamatkan diri ataupun cara melindungi diri. 7) Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri khusus makhluk hidup sesuai tugas kelompok masing-masing.

Baca juga:  Canva, Salah Satu Aplikasi yang Menarik dalam Pembelajaran IPA

Ternyata setelah guru menyampaikan materi ciri-ciri makhluk hidup pada hewan menggunakan media gambar, siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru. Terbukti ketika tugas akhir pembelajaran semua siswa mampu menjawab tugas tertulis tentang ciri-ciri makhluk hidup pada hewan dengan baik. Semua siswa mendapat nilai di atas KKM yang sudah ditentukan. (dj2/ida)

Guru SDN 1 Ketapang Kecamatan Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya