alexametrics

Belajar PPKn melalui Radio selama Pandemi Korona

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam rangka menyukseskan dan mendukung kegiatan belajar di rumah semasa pandemi Covid-19 Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Batang bekerja sama dengan Radio Abirawa Top FM menyelenggarakan kegiatan belajar melalui radio. Dalam pembelajaran melalui radio yang hanya berdurasi sekitar enam puluh menit yaitu dari jam 10.00 sampai jam 11.00 ini diharapkan bisa menarik perhatian siswa dalam belajar di rumah. Sehingga siswa tidak bosan dalam menerima tugas – tugas yang diberikan oleh guru.

Belajar PPKn memang kadang anak merasa bosan dan jenuh karena isi pelajarannya tentang UUD, UU, dan kewarganegaraan terutama di SMP Negeri 2 Tulis yang sekolahnya jauh dari perkotaan. Sehingga untuk pengalaman anak dalam bidang sosial dan budaya sangat kurang.

Baca juga:  Belajar PPKn Menyenangkan dengan Media Vidio Pembelajaran

Maka dalam memberikan pelajaran harus ada contoh yang konkret sehingga anak dapat langsung melihat dan mencontohnya tentang perbuatan yang melanggar hukum dan yang tidak melanggar hukum. Sebagai contoh pelanggaaran lalu lintas anak-anak tidak bisa melihat langsung rambu-rambu lalu lintas karena sepanjang perjalanan dari rumah ke sekolah tidak lewat jalan raya yang mereka lihat hanya perkebunan, persawahan dan hutan.
Dengan adanya belajar PPKn melalui siaran radio anak-akan merasakan suasana yang berbeda dari hari-hari biasanya. Mereka akan merasa penasaran dengan hal yang baru yaitu menerima pelajaran PPKn dengan mendengarkan radio. Anak bisa terhibur karena sudah beberapa bulan santai di rumah dan tentunya siswa merasa bosan dan ingin bertemu dengan teman sekelas bahkan satu sekolah.

Baca juga:  Google Classroom Solusi Pembelajaran Daring Mobilitas Sosial

Siswa akan merasakan perbedaan dalam menerima pelajaran bagaimana mereka mendengarkan secara langsung di kelas dan mendengarkan secara tidak langsung dengan melalui media masa yaitu radio dalam mendapatkan pelajaran.
Dalam pembelajaran lewat radio siswa akan lebih santai karena bisa dilakukan dengan sambil makan jajan, pakaian tidak harus seragam dan sebagainya.

Lebih mudahnya lagi apabila ketinggalan untuk mendengarkan radio pada hari siaran bisa lihat di https://m. Facebook.com. Jadi untuk mengikuti sangat mudah anak bisa memilih waktu yang senggang untuk mendengarkan siaran langsung maupun siaran ulang pada materi-materi yang telah diberikan oleh guru pada waktu siaran.

Untuk pembelajaran PPKn untuk siswa-siswi tetap akan berlangsung walaupun anak-anak tetap di rumah, kita sebagai pendidik harus memberikan semangat pada anak-anak tetap belajar untuk persiapan masa depan bangsa dan negara. Mudah-mudahan masa pandemi Covid-19 ini cepat selesai dan berlalu, supaya kita khususnya guru, siswa-siswi bisa menjalankan pembelajaran secara normal dan pada umumnya seluruh warga negara Indonesia bisa melaksanakan aktifitasnya kembali sehingga perekonomian bangkit kembali.

Baca juga:  STAD Permudah Siswa Belajar PPKn

Kita sebagai guru tidak boleh putus asa atau menyerah harus semangat menberikan pendidikan pada anak-anak bangsa yang nantinya sebagai tombak kemajuan bangsa dan generasi penerus cita cita bangsa indonesia. (gm2/lis)

Guru SMP Negeri 2 Tulis, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya