alexametrics

Perpustakaan Menumbuhkan Minat Membaca Buku Berbahasa Inggris

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Perpustakaan merupakan suatu yang penting di sekolah karena perpustakaan menunjang sarana belajar siswa. Biasanya siswa yang tidak memiliki buku pelajaran yang lengkap maka akan meminjam buku di perpustakaan. Dengan demikian maka beban untuk membeli buku pelajaran akan terkurangi

Sebuah perpustakaan dapat berfungsi bagi pemakainya dengan beberapa syarat tertentu, yaitu dengan adanya pembaharuan koleksi, sistem dan aturan yang sesuai jaman, ruang/tempat berlangsungnya kegiatan, ada petugas pustakawan, ada pemakai, serta mitra kerja (Sutarno, 2006). Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi sekarang ini, minat baca siswa terhadap buku berbahasa Inggris di perpustakaan mulai menurun. Beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya minat membaca buku berbahasa Inggris di perpustakaan adalah karena siswa lebih suka membaca media digital seperti HP dan laptop atau komputer, koleksi buku di perpustakaan yang kurang dan pelayanan yang mungkin perlu diperbaiki sehingga dapat menarik minat siswa untuk membaca.

Baca juga:  Permasalahan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Menurut Hurlock (1999:114), minat merupakan sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Bila mereka melihat sesuatu akan menguntungkan, mereka merasa berminat, hal ini akan mendatangkan kepuasan.

Membaca merupakan salah satu dari empat kemampuan berbahasa yang diajarkan di sekolah. Kegiatan membaca merupakan kegiatan reseptif, suatu bentuk penyerapan yang aktif, dalam kegiatan membaca, pikiran dan mental dilibatkan secara aktif, tidak hanya aktifitas fisik saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:83), membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis. Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Dengan kata lain membaca adalah memetik serta memahami arti atau makna yang terkandung di dalam bahasa tulis.

Baca juga:  Maksimalkan Layanan Informasi BK dengan Google Classroom

Dengan layanan yang berkualitas, dari hasil survey di perpustakaan SMK N Karangpucung didapatkan hasil bahwa perpustakaan sudah berbenah. Perpustakaan memiliki kemauan untuk membantu dan memperhatikan siswa dengan menyediakan pelayanan yang tepat dan kerjasama untuk meningkatkan minat baca siswa terutama minat untuk membaca buku berbahasa Inggris. Kerjasama tersebut dilaksanakan dalam bentuk kegiatan gerakan literasi sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan budaya membaca dan menulis siswa di sekolah. Gerakan literasi sekolah dimulai dengan kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran dimulai.

Dalam kaitannya dengan pembelajaran bahsa Inggris, perpustakaan dapat memperbanyak koleksi bacaan berbahasa Inggris yang dapat digunakan sebagai bahan diskusi dalam pembelajaran. Cara ini diharapkan dapat mendorong siswa SMK N Karangpucung untuk datang ke perpustakaan, membaca dan mencari tulisan yang sesuai dengan tugas pembelajaran di kelas. Di sisi lain metode ini juga mendorong perpustakaan untuk berbenah dan mengoptimalkan layanannya melalui koleksi bacaan berbahasa Ingris yang terus bertambah. Pelayanan yang semakin baik juga dapat membuat minat baca siswa terhadap buku berbahasa Inggris meningkat. (dar2/ton)

Baca juga:  Permudah Belajar Descriptive Text dengan Video Scribe

Guru Bahasa Inggris SMK N Karangpucung Kab. Cilacap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya