alexametrics

Asyiknya Praktik Membuat Tape dengan Teknik Bioteknologi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,Kelangsungan hidup suatu organisme sangat ditentukan oleh makanan. Kecukupan makanan dapat menjamin kebutuhan energi untuk aktivitas organisme tersebut. Sebagai bangsa Indonesia kita harus banyak bersyukur karena Allah telah menganugerahkan kepada bangsa Indonesia kekayaan alam yang melimpah, baik di daratan maupun di lautan. Manusia selama berabad-abad telah menggunakan suatu teknik yang mendukumg pemenuhan kebutuhan makanan. Teknik yang digunakan adalah Bioteknologi.

Bioteknologi digunakan pertama kali oleh ilmuwan Honggaria bernama Karl Ereky pada tahun 1919. Bioteknologi berasal dari kata “ biologi “ dan “ teknologi “. Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup, sedangkan teknologi adalah kemampuan teknis yang diterapkan berdasarkan ilmu pengetahuan dasar. Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol, hormon, dan lain-lain) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Baca juga:  Peran Home Visit dalam Mengatasi Masalah Peserta Didik

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas IX SMP Negeri 1 Andong memuat materi tentang Bioteknologi. Menjelaskan tentang bioteknologi konvensional maupun modern untuk menghasilkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bioteknologi konvensional yaitu bioteknologi melalui proses fermentasi sedangkan bioteknologi modern yaitu bioteknologi menggunakan teknik rekayasa genetika. Pada kompetensi dasar bioteknologi peserta didik dituntut mampu membuat salah satu produk bioteknologi konvensional seperti tempe, kecap, tape, yogurt, dan lain sebagainya.

Guna menciptakan pembelajaran interaktif yang menyenangkan bagi peserta didik, penulis mencoba menggunakan metode pembelajaran praktik pada bab bioteknologi yaitu dengan praktik membuat tape. Pada pembelajaran praktik membuat tape dimulai dengan : pertama, guru membentuk kelompok 4 – 5 siswa. Kemudian setiap kelompok berdiskusi membahas pembagian tugas membawa alat dan bahan yang diperlukan pada praktik dipertemuan berikutnya. Kedua, guru melakukan pengecekan alat dan bahan, pemberian ragi dan pengemasan tape. Selanjutnya guru membimbing siswa membuat laporan. Dalam praktik membuat tape ketan bahan dan alat sebagai berikut : 1 kg beras ketan yang bagus, 2 keping ragi tape, 1 buah baskom, sendok, 1 buah dandang untuk mengukus, kompor, kardus, serta daun pisang atau kap es cream.

Baca juga:  Discovery Learning Meningkatkan Pemahaman Interaksi Antarnegara Benua Asia

Melalui metode praktik membuat tape ketan ini peserta didik terlibat langsung dalam proses pembuatan tape ketan membuat pelajaran materi bioteknologi menjadi tidak membosankan dan menjadikan pengalaman yang berharga mendapat tambahan ketrampilan membuat tape ketan serta dapat memotivasi peserta didik untuk berwira usaha di kemudian hari. Pada proses pembuatan tape, untuk mengantisipasi keterbatasan waktu, sarana dan prasarana di sekolah, proses memasak ketan yang akan difermentasi sudah dikerjakan di rumah. Di sekolah tinggal melakukan pemberian ragi dan pengemasan, meski demikian proses memasak ketan tetap dituliskan pada langkah kerja di laporan kegiatan.

Setelah melakukan praktik pembuatan tape ketan, dengan membandingkan tekstur, rasa, aroma beras ketan sebelum diberi ragi dan tekstur, rasa, aroma beras ketan setelah diberi ragi dan menjadi tape ketan. Peserta didik mengetahui bahwa ragi yang mengandung jamur saccharomyces cerevisiae telah mengubah beras ketan menjadi tape ketan yang memiliki rasa khas, manis, sedikit asam, dan rasa alkohol.

Baca juga:  Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Metode Discovery Learning

Pembelajaran IPA dengan praktik mampu meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan semangat belajar peserta didik. Terbukti ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung aktif dan mampu berkolaborasi dengan baik antar sesama kelompok. (dar2/ton)

Guru SMPN 1 Andong, Kabupaten Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya