alexametrics

Optimalisasi Kegiatan Pendahuluan KBM Tingkatkan Motivasi Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MOTIVASI merupakan tenaga penggerak yang menimbulkan upaya keras untuk melakukan sesuatu. Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk bergerak, baik disadari maupun tidak disadari (E.P. Hutabarat, 1995 dalam M. Sorby Sutikno, Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, hal 64). Motivasi belajar merupakan jantung kegiatan belajar, suatu pendorong yang membuat seseorang belajar. Segala kesuksesan dalam belajar tergantung pada motivasi. Semakin siswa tertarik terhadap bahan pelajaran, semakin gampang mereka menguasai dan menyimpannya.

Siswa termotivasi dan bergairah untuk belajar serta terhindar dari rasa jenuh jika pendidik pandai membangkitkan motivasi belajarnya. Di dalam kelas banyak kita jumpai siswa ngantuk atau ngobrol sendiri dengan temannya, mereka tidak senang dengan gaya pendidik dalam mengajar. Fungsi motivasi sebagai pendorong, pengarah, dan penggerak perilaku siswa untuk mencapai tujuan (Oemar Hamalik; 2002 dalam M. Sorby Sutikno, Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, hal 141).

Dalam pelajaran IPS di kelas 7 semester satu materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia di SMPN 35 Semarang, penulis mengoptimalkan kegiatan pendahuluan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dengan komponen pembelajaran lainnya. Kegiatan pendahuluan merupakan kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa setiap pelaksanaan pembelajaran.

Baca juga:  SMPN 2 Demak Sambut Kembali PTM 100 Persen

Dalam kegiatan pendahuluan yang disusun guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dimulai dari kegiatan guru mempersiapkan fisik dan psikis siswa, apersepsi, menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari, menyampaikan rencana penilaian, dan menyampaikan rencana kegiatan belajar yang akan dilaksanakan siswa.

Mempersiapkan kondisi fisik dan psikis siswa dilakukan di awal pembelajaran. Dapat dimulai dengan pengaturan tempat duduk siswa, menanyakan kabar mereka, menanyakan pekerjaan rumah mereka. Kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan menunjukkan kepedulian guru pada siswa. Sehingga siswa merasa diperhatikan oleh gurunya.

Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi tersebut menyebabkan munculnya keinginan yang besar pada siswa untuk menguasai materi pelajaran sesuai tujuan yang sudah ditetapkan. Dengan berpedoman pada tujuan pembelajaran, siswa berusaha menentukan langkah –langkah yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan. Pada materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia, betapa melimpahnya sumber daya alam Indonesia dan betapa besarnya manfaat sumber daya alam itu bagi masyarakat Indonesia, menyebabkan munculnya rasa syukur atas karunia yang telah Tuhan berikan pada masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Media Pembelajaran Video Demonstrasi Tingkatkan Motivasi Siswa

Menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari yang sudah disesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai, akan lebih memfokuskan perhatian siswa pada materi tersebut. Siswa juga dapat mencari buku yang relevan dengan materi yang akan dipelajari. Rencana penilaian yang akan dilaksanakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam mengusai materi perlu disampaikan juga kepada siswa. Aspek – aspek yang akan dinilai dalam proses pembelajan yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, maupun ketrampilan. Dengan mengetahui rencana penilaian yang akan dilaksanakan, siswa akan lebih termotivasi mempalajari dan menguasai materi yang akan dipelajari untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Kegiatan berikutnya, menyampaikan langkah–langkah pembelajaran yang akan dilakukan. Dalam tahapan ini, guru perlu menyampaikan pada siswa tentang kegiatan belajar yang harus ditempuh siswa supaya dapat memiliki kemampuan dalam mempelajari tema, topik, atau materi pembelajaran. Misalnya, jika dalam pembelajaran akan digunakan diskusi maka guru harus menyampaikan teknik atau langkah-langkah yang akan ditempuh siswa selama kegiatan diskusi. Langkah–langkah pembelajaran ini akan memotivasi siswa dalam belajar.

Baca juga:  70 Pembalap Ramaikan Road Race

Dari uraian di atas, kegiatan pendahuluan dalam KBM dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia. Hendaknya guru selalu melaksanakan dan memanfaatkan langkah – langkah kegiatan pendahuluan ini dengan baik dan optimal. Tidak hanya dalam mempelajari materi kondisi Fisik Wilayah Indonesia, tapi juga pada materi – materi lain di tiap materi pelajaran. (on1/zal)

Guru IPS SMPN 35 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya