alexametrics

Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Asyik dengan Lesson Study

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran kolaboratif dan berkelanjutan berlandarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Sumar Hendayana, dkk: 2006). Melalui aktivitas lesson study mengembangkan pembelajaran secara bersama-sama dan menentukan salah satu guru untuk melaksanakan pembelajaran tersebut, sedangkan guru lainnya mengamati aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Pada akhir kegiatan, guru berkumpul kembali dan melakukan diskusi tentang pembelajaran yang telah berlangsung, merevisi dan menyusun program pembelajaran berikutnya berdasarkan hasil diskusi. Melalui lesson study guru akan terbantu dalam hal: (1) Mengembangkan pemikiran kritis tentang belajar dan mengajar di kelas; (2) Merancang program pembelajaran (RPP) yang berkualitas; (3) Mengobservasi bagaimana siswa berpikir dan belajar serta melakukan tindakan yang cocok; (4) Mendiskusikan dan merefleksikan aktivitas pembelajaran; dan (5) Mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan praktek pembelajaran.

Baca juga:  Jurus Jitu Tetap Gerak dengan Peluru Kertas

Dalam lesson study para guru bekerjasama dalam hal: (1) Memformulasi tujuan pembelajaran dan pengembangan jangka panjang; (2) Secara kolaboratif merancang suatu “research lesson”; (3) Melaksanakan pembelajaran dengan menugaskan seorang guru untuk mengajar dan yang anggota tim yang lain melakukan observasi untuk mengumpulkan data tentang kejadian belajar di kelas; (4) Mendiskusikan kejadian-kejadian belajar yang telah diobservasi selama proses pembelajaran, menggunakan informasi itu untuk memperbaiki kualitas pembelajaran; dan (5) Melaksanakan program pembelajaran yang telah direvisi pada kelas lain, dan jika perlu mengkaji dan memperbaiki kembali program pembelajaran tersebut. Lesson study dapat digambarkan sebagai suatu siklus kegiatan kelompok guru yang bekerja bersama dalam menentukan tujuan pembelajaran, melakukan research lesson dan secara berkolaborasi mengamati, mendiskusikan dan memperbaiki pembelajaran tersebut (Lewis, 2002).

Baca juga:  Model PBL untuk Mengaktifkan Siswa pada Pembelajaran Barisan dan Deret

Kegiatan lesson study melalui beberapa tahapan yaitu : tahapan perencanaan (plan), melaksanakan (do) dan refleksi (see). Pada tahap perencanaan dilakukan eksplorasi materi yang akan diajarkan pada waktu KBM, pembuatan teaching material termasuk kedalamnya rencana pembelajaran, Lembar kerja, persiapan media pembelajaran dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan dilakukan proses KBM di dalam kelas secara riel (nyata) dan guru-guru lain berlaku sebagai observer dalam peroses pembelajaran tersebut. Pada tahap refleksi dilakukan diskusi antara guru model dan para pengamat.

Lesson study dengan materi bangun ruang sisi lengkung khususnya volume dan luas sisi tabung dengan menggunakan bahan limbah telah didapatkan hal-hal sebagai berikut : 1) Siswa menjadi senang dan termotivasi dengan pembelajaran yang didahului dengan penayangan video. Sebaiknya guru memanfaatkan LCD sebaik mungkin agar pembelajaran tidak monoton. 2) Sebagai guru sebaiknya kita mengamati dengan teliti satu persatu siswa karena disanalah kita dapat menemukan ada siswa yang sudah paham, ada siswa yang belum paham serta ada siswa yang tidak terlibat dalam pembelajaran. (ips1/ton)

Baca juga:  Bermain Kartu Angka Bergambar Dapat Mengenal Lambang Bilangan

Guru Matematika SMP Negeri 2 Lebaksiu Kab. Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya