alexametrics

Serunya Belajar IPS dengan Kartu Make a Match

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ILMU Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu materi pelajaran yang sangat penting di sekolah. Pembelajaran IPS di sekolah diharapkan dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang berguna bagi dirinya dalam kehidupan sehari–hari. Tetapi kenyataannya, mata pelajaran IPS dianggap sesuatu yang tidak membanggakan, baik dari siswa maupun dari orang tua. Sebagai contoh, IPS hanya sebagai hafalan belaka sehingga siswa merasa bosan.

Menurut kurikulum 2013, pembelajaran itu sangat menyenangkan. Pembelajaran di dalam kelas merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh guru, keberhasilan guru dalam pembelajaran sangat dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya performansi guru dalam pembelajaran. Kemampuan guru dalam pembelajaran menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sedang keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditentukan oleh aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang diciptakan guru.

Baca juga:  Media Puzzle Tingkatkan Aktivitas Siswa Belajar IPS

Tak perlu khawatir, masih banyak alternatif yang dapat dilakukan guru dalam pembelajaran yang menyenangkan. Sebagai contohnya, saya menerapkan pembelajaran IPS di Kelas VI SDN Tingkir Tengah 01 dengan permainan kartu make a match. Permainan kartu make a match merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif (Rusman, 2011:223-233). Ciri utama permainan kartu make a match adalah siswa diminta mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran. Salah satu keunggulan teknik ini, siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Permainan make a match harus didukung dengan keaktifan siswa untuk bergerak mencari pasangan dengan kartu yang sesuai dengan jawaban atau pertanyaan dalam kartu tersebut.

Langkah-langkah dalam model pembelajaran kooperatif tipe make a match sangatlah mudah. Pertama, guru menyiapkan beberapa konsep/topik yang cocok untuk sesi review (satu sisi kartu soal dan satu sisi berupa kartu jawaban beserta gambar). Kedua, setiap siswa mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang. Ketiga, siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (kartu soal/kartu jawaban), siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point. Keempat, setelah satu babak kartu dicocokkan lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.

Baca juga:  Pembelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Take and Give

Model pembelajaran tipe make a match memiliki banyak kelebihan. Siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, baik secara kognitif maupun fisik. Karena ada unsur permainan, model pembelajaran ini menyenangkan bagi siswa. Model pembelajaran ini juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu juga efektif sebagai sarana melatih keberanian siswa untuk tampil presentasi dan melatih kedisiplinan siswa menghargai waktu untuk belajar.
Permainan make a match merupakan model pembelajaran yang menciptakan hubungan baik antara guru dan siswa. Cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan memperlakukan siswa sebagai teman, mencari tahu apa yang disukai dan cara berpikir siswa, serta berbicara kepada mereka dengan jujur dan halus. Guru mengajak siswa bersenang-senang dalam permainan. Kesenangan tersebut akan dapat mengenai materi dan siswa dapat belajar secara langsung maupun tidak langsung melalui permainan tersebut.

Baca juga:  Meningkatkan Prestasi Belajar IPS melalui Pemberian Tugas sebelum Materi Diajarkan

Jadi kuncinya dalam pembelajaran IPS adalah anak tertarik untuk belajar. Proses pembelajaran dikemas dengan permainan seperti make a match dapat merangsang minat belajar siswa. Siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Siswa akan bersenang-senang selama proses pembelajaran, sehingga hasil belajar meningkat. (dj1/ida)

Guru Kelas VI SDN Tingkir Tengah 01 Kota Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya