alexametrics

Belajar Online Semula Angan-Angan, sekarang Menjadi Kenyataan, Online Online!

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dengan adanya penularan virus Covid-19, sejak Maret 2020, pemerintah telah mengeluarkan instruksi untuk belajar di rumah. Termasuk di SMA Negeri 15 Semarang. Situasi para siswa, baik murid sekolah ataupun para mahasiswa yang tadinya belajar dengan sistem belajar tatap muka langsung dan formal. Seketika berubah menjadi serba online, dengan sistem sekolah online di rumah masing-masing.

Dengan adanya kebijakan pemerintah yang menerapkan sekolah-sekolah hingga universitas untuk melakukan kelas pembelajaran secara online, ada beberapa nilai plus yang bisa dilihat langsung dari orang tua dan siswa. Orang tua menjadi lebih dekat dengan anak dan bisa melihat gaya belajar anaknya dan sistem belajar online meski merupakan sesuatu hal yang bisa dibilang baru. Dengan sistem metode pembelajaran online, baik siswa, guru, dan stakeholder pendidikan dipaksa untuk bisa melek teknologi.

Siswa juga diberi kesempatan mengeksplor kemampuan konten belajar secara lebih luas. Ini sebetulnya baik, siswa dipacu dengan metode belajar online, begitu juga untuk para tenaga pengajar. Sebagai guru sistem belajar sekolah online ini memicu kreativitas para guru harus ditingkatkan dan lebih dikembangkan lagi agar ada inovasi yang lebih dalam untuk mentransfer ilmu kepada murid.

Baca juga:  Pendekatan Interaktif Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Bagaimana dengan tenaga pengajar yang belum bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran online ini? Yang dilakukan adalah sebisa mungkin memberikan tugas kepada siswa dengan cara model aplikasi media sosial seperti WhatsApp, dengan membentuk grup kelas dan tugas-tugas difoto dari LKS dan dikirim ke grup.

Inilah yang mengakibatkan banyak siswa merasa jenuh, bosan, kelimpungan dan orang tua siswa melihat anak-anak mereka dijejali berbagai macam tugas seperti pembelajaran formal biasa. Dan bagaimana cara penilaiannya? Masih menunggu jika sudah masuk sekolah normal kembali.

Implementasi pembelajaran daring yang sudah berjalan beberapa pekan ini secara umum berjalan lancar. Kendati demikian, seiring perjalanan waktu sudah mencul banyak permasalahan. Di antaranya tugas guru yang terlalu banyak sampai keluhan soal kuota dan jaringan internet. “Pak, orang tua saya sampai harus berutang ke tetangga untuk membelikan saya pulsa biar bisa menggunakan internet dan HP Android saya juga pinjam.”

Baca juga:  Asyiknya Belajar Pelestarian Sumber Daya Alam dengan Puzzle

Itulah pernyataan berantai yang muncul di media sosial kepada Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim. Ternyata pembelajaran daring yang sudah berjalan, di ranah praksis banyak menimbulkan permasalahan. Tentu saja alangkah tidak bijak kalau serta merta menyalahkan para guru. Dalam situasi darurat, guru waktu itu harus bertindak cepat agar pembelajaran bisa berjalan efektif. Ponsel yang semula hanya sebagai media komunikasi, sekarang bermulti fungsi. Termasuk dalam memberikan materi dan tugas dalam durasi yang sangat pendek.

Apresiasi layak diberikan kepada guru, sekolah, dan peserta didik karena mereka bisa beradaptasi dengan cepat. Namun, seiring berjalannya waktu semua pihak perlu mengevaluasi pembelajaran daring tersebut agar tujuannya bisa tercapai secara optimal.

Baca juga:  Supervisi Klinis Tingkatkan Kinerja Guru

Terus bagaimana dengan orang tua memang tidak semuanya memiliki kesiapan untuk menjadi pembimbing belajar online untuk anak-anaknya. Ada tanggapan negatif kepada para guru yang dicap lepas tanggung jawab dan tidak mau melihat kesulitan orang tua dalam menyediakan sarana untuk anak dalam pembelajaran online. Guru mau enaknya sendiri dengan memberi tugas-tugas online yang berupa rangkuman dan mencari di internet.

Tanggapan positif juga dikemukakan, mulai dari kedekatan secara psikologis dengan anak lantaran membimbing secara langsung proses belajar online. Mengetahui perkembangan akademis anak dan menumbuhkan kebersamaan serta membangun komunikasi yang baik dalam lingkungan rumah. (gml1/lis)

Guru PD-TIK SMAN 15 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya