alexametrics

Meningkatkan Kerja Sama Siswa dengan Pembelajaran Model Scrambel

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Untuk menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah keahlian. Dalam hal ini guru merupakan nahkoda kunci utama berjalannya proses pembelajaran sampai pada tujuan yang diharapkan. Gaya guru dalam mengajar, model, metode dan alat pembelajaran menentukan ketertarikan peserta didik, sehingga materi dapat dengan mudah mereka terima dan dipahami.

Sarana fisik merupakan media yang dapat membantu terjadinya proses belajar. Proses pembelajaran terjadi karena adanya rangsangan terhadap pikiran, perasaan, serta keterampilan peserta didik. Pengetahuan akan semakin abstrak apabila hanya disampaikan melalui verbal, sehingga memungkinkan terjadinya verbalisme yang berarti siswa hanya mengetahui tentang kata tanpa memahami makna yang terkandung dalam kata tersebut. Kemudian kemampuan anak dalam memusatkan perhatian juga tidak dapat bertahan lama hanya beberapa menit saja. Hal ini jika terus dibiarkan akan membuat siswa lebih cepat bosan dan lelah. (Wina Sanjaya 2012:207)

Baca juga:  Memilih Aplikasi Pertemuan Online

Penyampaian materi yang monoton kurang variatif akan membuat peserta didik menjadi bosan. Selama ini metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional, yaitu ceramah dan tugas. Untuk kelas 7B di SMP Negeri 31 Semarang memiliki kecenderungan pasif. Oleh karena itu, guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan agar peserta didik semangat mengikuti pembelajaran.

Dalam memilih media pembelajaran, guru perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, situasi, dan kondisi. Salah satu media pembelajaran yang digunakan, yaitu scramble. Scrambel adalah model pembelajaran yang mengajak peserta didik mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep secara kreatif dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak, sehingga membentuk suatu jawaban/pasangan konsep yang dimaksud. (Komalasari, 2010:84)

Baca juga:  Layanan Bimbingan dan Konseling Mengatasi Permasalahan “Gank”

Model pembelajaran kooperatif scramble memiliki kesamaan dengan model pembelajaran kooperatif lainnya, yaitu peserta didik dikelompokkan secara acak berdasarkan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah atau jika memungkinkan anggota heterogen, yaitu berbeda-beda baik jenis kelamin, ras, kebudayaan dan suku.

Langkah-langkahnya sebagai berikut: pertama, guru menyiapkan sebuah wacana kemudian keluarkan kalimat-kalimat yang terdapat dalam wacana tersebut ke dalam kartu-kartu kalimat. Kedua, guru membuat kartu soal berserta kartu jawaban yang diacak nomornya sesuai materi bahan ajar yang telah dibagikan sebeumnya dan membagikan kartu soal tersebut. Ketiga, peserta didik dalam kelompok masing-masing mengerjakan soal dan mencari kartu soal untuk jawaban yang cocok sebelumnya jawaban telah diacak sedemikian rupa. Keempat, peserta didik diharuskan dapat menyusun kata jawaban yang telah tersedia dalam waktu yang ditentukan. Setelah selesai mengerjakan soal, hasil pekerjaan peserta didik dikumpulkan dan dilakukan pemeriksaan.

Baca juga:  Belajar Asyik Materi Akikah dan Qurban dengan Poster Digital

Kelebihan menggunakan model scrambel, yaitu pertama, dalam pembelajaran scramble tidak ada siswa atau anggota kelompok yang pasif atau hanya diam. Hal ini dikarenakan setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab untuk keberhasilan kelompoknya. Kedua, model pembelajaran scramble membuat siswa lebih kreatif dalam belajar dan berpikir, mempelajari materi secara lebih santai dan tanpa tekanan, karena model pembelajaran scramble memungkinkan para siswa untuk belajar sambil bermain. Ketiga, model pembelajaran scramble dapat menumbuhkan rasa solidaritas di antara anggota kelompok.

Manfaat pembelajaran model ini peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengingat istilah sulit akan terkurangi bebannya, Selain itu, peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan meningkatkan kemampuan berkerja sama dan bersosialisasi. (gm2/aro)

Guru BK SMP Negeri 31 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya