alexametrics

Pembelajaran Sepak Bola melalui Model Team Game Tournament

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEKOLAH merupakan lembaga pendidikan formal yang berperan sebagai wadah mendidik siswa untuk cerdas, terampil, dan memiliki wawasan yang luas juga dapat berfungsi untuk mencari bibit unggul dalam pembelajaran. Di dalam sekolah terdapat unsur-unsur yang memegang peranan penting dalam pembelajaran yang dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta didiknya. Unsur yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran tersebut adalah guru sebagai penyaji materi dan siswa sebagai penerima materi. Dalam proses transfer ilmu dari guru kepada siswa memerlukan teknik atau strategi yang tepat agar hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah menengah sangatlah penting sebagai dasar pendidikan anak ke tingkat yang lebih tinggi. Keberhasilan pendidikan jasmani di sekolah menengah tergantung pada kreatifitas guru dan penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Penerapan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil pembelajaran.
Pembelajaran sepak bola khususnya menggiring bola yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Padamara belum sesuai dengan harapan.Dalam pembelajaran, siswa tidak begitu antusias mengikuti pelajaran hal ini menyebabkan keterampilan siswa dalam menggiring bola belum sesuai dengan harapan. Penulis berupaya meningkatkan pembelajaran sepakbola menggiring bola dengan model pembelajaran Team Game Tournament.

Baca juga:  Katibin, Atlet Panjat Tebing Batang Sukses di Ajang Internasional

Menurut Kimpraswil (dalam As’adi Muhammad, 2009: 26) mengatakan bahwa definisi permainan adalah usaha olah diri (olah pikiran dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja, dan prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik. Menurut Slavin pembelajaran kooperatif tipe Time Game Tournament terdiri dari 5 langkah tahapan yaitu : tahap penyajian kelas (class precentation), belajar dalam kelompok (teams), permainan (games), pertandingan (tournament), dan penghargaan kelompok (team recognition).
Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan sebagai berikut. Kegiatan awal siswa dibariskan menjadi empat barisan,mengecek kehadiran siswa mengkondisikan siswa dalam kelas,mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan di ajarkan dan menjelaskan materi inti yang akan dilakukan / dipelajari.

Baca juga:  HBFC Wakili Jateng ke Putaran Nasional

Kegiatan Inti guru membagi siswa menjadi lima kelompok yang masing-masing kelompok berjumlah enam siswa.Tahap Game menjelaskan cara melakukan gerakan menggiring bola dan mempraktikan gerakan menggiring bola.Menjelaskan permainan kompetisi yang akan dilakukan.Tahap Tournament melaksanakan permainan game berupa siapa akurat dan tepat. Permainan yang disajikan guru adalah siswa berupaya untuk menggiring bola melewati beberapa kun yang disediakan guru dan tidak boleh melewati garis pembatas serta tidak boleh mengenai kun. Setelah dua kelompok selesai, dilanjutkan oleh tiga kelompok lain.Dua kelompok pemenang melaksanakakan pertandingan final untuk memperebutkan juara pertama dan kedua. Tiga kelompok yang kalah melaksanakan pertandingan untuk memperebutkan juara tiga.Tahap Team Recognize (penghargaan kekompok),memberikan penghargaan berupa miniatur piala kepada juara pertama dan kedua.

Baca juga:  Pandai Berbicara Makanan Tradisional Jawa dengan Menjadi Youtuber

Kegiatan akhir siswa dikumpulkan dengan cara duduk melingkar.Guru menjelaskan tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang dilakukan.Bernyanyi bersama-sama, berdoa, bersama-sama, kemudian dibubarkan.
Model pembelajaran ini bisa dikembangkan oleh guru mapel.Guru harus berpikir kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran menarik dan menyenangkan untuk siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. (dar1/zal)

Guru penjasorkes SMPN 1 Padamara, Kabupaten Purbalingga.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya