alexametrics

Pahami Hubungan Sudut melalui Site Plan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BELAJAR matematika dibutuhkan proses kesabaran dan kegigihan yang tinggi untuk berusaha dengan niat yang kuat dan yakin bisa menguasainya. Motivasi dalam belajar sangat diperlukan dalam memperbaiki kondisi peserta didik agar terdorong untuk belajar lebih baik. Untuk membangkitkan motivasi itu tidak mudah, ada beberapa teknik atau cara salah satunya dengan cara Pembelajaran Site Plan. Seperti halnya kita pelajari materi hubungan antar sudut melalui Site Plan (denah lokasi) kelas 7 di semester genap buku paket bab 7 hal 142.

Adapun site plan (denah lokasi) sendiri adalah merupakan sebuah gambaran mengenai tata letak pada suatu tempat yang menunjukkan lokasi atau letak dari suatu tempat dengan tujuan agar tempat tersebut mudah ditemukan, ada beberapa kompetensi pengetahuan yang harus dikuasai peserta didik, pertama, hubungan dua sudut, dan kedua, hubungan antarsudut. Pada kompetensi keterampilan dituntut menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua sudut dan antar sudut.

Baca juga:  Google Form Mempermudah Evaluasi di Masa Pandemi

Penulis sebagai guru mata pelajaran matematika SMP Negeri 41 Semarang menggunakan denah lokasi (site plan) dalam memahami dan mempelajari materi hubungan antarsudut, itulah kenapa denah (gambar lokasi) penting untuk dipelajari. Karena di dalamnya terdapat hubungan antarsudut, sedangkan denah terkandung penjelasan terhadap suatu tempat yang akan dituju. Tujuannya dapat berfungsi, di antaranya untuk melaporkan dan memperagakan kegiatan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Dalam kegiatan proses belajar, peserta didik dibagi beberapa kelompok untuk mengukur ketercapaian peserta didik pada awal pembelajaran. Guru hanya meminta peserta didik mempersiapkan keperluan untuk menggambar. Dengan arahan guru, diharapkan dapat memberikan informasi dan manfaat kepada seluruh kelompok yang membacanya. Dalam kegiatan ini, yang perlu diperhatikan adalah unsur-unsur dan langkah-langkah dalam pembuatan denah (lokasi), di antaranya, pertama, judul denah. Yaitu hal yang memiliki peran penting dalam unsur denah. Judul ini dapat diletakkan pada bagian atas atau pada bagian tengah. Kedua, dengan petunjuk arah mata angin, mempunyai fungsi dan manfaat untuk dapat memudahkan pembacanya mengetahui arah utara, selatan, barat dan timur. Ketiga, lokasi atau tempat, merupakan hal wajib dalam pembuatan denah. Pada umumnya keterangan lokasi pada sebuah denah diberi suatu warna yang berbeda. Keempat, tempat yang mudah dikenali yang sering digunakan seperti masjid, kantor polisi, rumah sakit dan lainnya. Kelima, nama-nama jalan, sangat memudahkan si pembaca untuk dapat mencapai lokasi tujuan. Keenam, arah menuju lokasi, ini mempermudah ke tempat yang dituju. Dengan metode tersebut, suasana tenang dan antusias tercipta jelas dalam proses pembelajaran. Peserta didik saling bekerjasama dan berdiskusi dalam kelompoknya. Hal ini membuktikan bahwa tiap kelompok dapat bertanggung jawab pada tugas kelompoknya masing-masing.

Baca juga:  Menentukan Luas Daerah Bangun Datar dengan Papan Berpetak

Dari pembelajaran ini, peserta didik berusaha menemukan sendiri konsep-konsep matematika dan menjadikan pembelajaran bermakna. Dari tampilan dan beberapa hasil yang sudah dikerjakan, peserta didik merasa puas dan percaya diri. Kesimpulan dari pembelajaran ini, peserta didik merasa lebih mudah mempelajarinnya. Pembelajaran dengan menggunakan Site Plan, sangat menarik dan mudah dipahami, sehingga peserta didik memiliki ketertarikan untuk mencobanya dan menjadi lebih aktif. (dar1/ida)

Guru Matematika SMP 41 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya