alexametrics

Edmodo Tingkatkan Minat Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MEWABAHNYA pandemi covid-19 melanda diberbagai Negara tak terkecuali di Indonesia Dengan adanya kasus tersebut untuk memutus rantai persebaran covid – 19 pada tanggal 16 Maret ada intruksi semua lembaga pendidikan diminta untuk belajar dari rumah, SFH (School From Home). Hal ini tentu akan berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka tetapi sekarang diharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring berbasis internet. Terlebih lagi akan sangat berpengaruh pada siswa kelas VI yang akan melaksanakan kegiatan Ujian Akhir Sekolah sedangkan materi pembelajaran sudah selesai diberikan pada bulan pertama semester genap selanjutnya waktu digunakan untuk pemadatan serta pemantapan berupa latihan soal – soal untuk menghadapi Ujian Akhir Sekolah.

Agar proses pembelajaran tetap berlangsung serta materi pemadatan soal – soal latihan Ujian Akhir Semester tetap tersampaikan meskipun siswa belajar dari rumah maka sarana pembelajaran berbasis internet yang sesuai adalah penggunaan aplikasi edmodo. Edmodo merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukan untuk guru, murid sekaligus orang tua murid. Edmodo sangatlah membantu sekali dalam proses pembelajaran. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah. Melalui edmodo guru dan siswa dapat berbagi catatan dan dokumen serta dapat melajutkan diskusi secara online. Menurut Gatot (2013: 3) Edmodo adalah platform media sosial yang sering digambarkan seperti Facebook untuk sekolah dan dapat berfungsi lebih banyak lagi sesuai kebutuhan. Edmodo merupakan media yang menarik bagi guru dan peserta didik dengan elemen sosial yang menyerupai Facebook.

Baca juga:  Youtube sebagai Media Pembelajaran Seni Tari

Belajar secara daring berbasis e-learning model edmodo tersebut dimanfaatkan SDN Tambakaji 05 Ngaliyan Semarang pada kelas VI semester genap dalam melaksanakan kegiatan SFH (belajar dari rumah) untuk mengerjakan tugas – tugas Tema semester genap berupa soal – soal ulangan akhir semester dalam bentuk pilihan ganda ataupun uraian yang tersedia pada fitur Quiz. Edmodo merupakan solusi bagi siswa kelas VI pada Semester genap dan pada saat pandemi covid-19 karena di dalam edmodo banyak fitur selain untuk mengerjakan tugas juga sebagai sarana diskusi online dalam upaya anak–anak menyampaikan pertanyaan kepada guru ataupun sesama teman apabila ada kesulitan dalam menyelesaikan tugas. Seperti di SDN Tambakaji 05 Ngaliyan Semarang.

Baca juga:  Jurus Jitu Tetap Gerak dengan Peluru Kertas

Belajar bersama melalui model edmodo ada banyak manfaat yang didapat diantaranya pertama dari segi nilai ada kenaikan karena seringnya mendapat tugas mengerjakan soal dan siswa langsung bisa melihat hasil pekerjaannya jadi siswa cenderung untuk memperbaiki nilai yang didapat dari latihan sebelumya, manfaat kedua dari segi kedisiplinan dan kemandirian ada peningkatan karena pembatasan waktu dalam pemberian tugas sebab bila tidak segera mengerjakan akan ketinggalan, manfaat ketiga selain peningkatan nilai dan kedisilpinan menyelesaikan tugas juga bermanfaat sebagai sarana hiburan ditengah wabah pandemi anak – anak terputus komunikasi secara fisik terhadap teman satu kelas dengan pembelajaran daring berbasis edmodo yang menyerupai media sosial facebook anak bisa terhibur bercanda ngobrol dengan teman sehingga bisa sedikit menghilangkan kejenuhan selama SFH (belajar dari rumah). Selain manfaat yang didapat oleh siswa juga bermanfaat bagi orangtua bisa masuk dalam grup yang sama sehingga bisa memantau kegiatan belajar putra putrinya pada saat mengerjkan tugas dari sekolah.

Baca juga:  Dengan Media Diorama Menulis Teks Diskusi Jadi Berirama

Pembelajaran dengan teknologi atau biasa disebut e-learning merupakan solusi yang tepat karena terbatasnya kegiatan tatap muka di tengah wabah pandemi covid-19 pada saat ini. Dengan pembelajaran e-learning guru dan siswa bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Dalam pelaksanaan pembelajaran e-learning harus menggunakan media yang menghubungkan antara guru dan peserta didik. Edmodo adalah salah satu media yang dapat membantu kegiatan belajar. Kelebihan edmodo sebagai media pembelajaran karena memiliki banyak fitur membantu guru dalam membuat kelas virtual yang keadaanya dapat disesuaikan dengan kelas nyata. (dar1/zal)

Guru SDN Tambakaji 05 Ngaliyan Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya