alexametrics

Belajar Kimia dengan Menggunakan Jembatan Keledai

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KIMIA adalah mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa.Karena ilmu kimia bersifat abstrak dan banyak hafalan.Masalah pokok yang sering dihadapi dalam pembelajaran kimia adalah bagaimana menyampaikan materi yang sulit menjadi mudah, dan yang abstrak menjadi kongkrit.

Kebanyakan siswa terlihat lancar menyelesaikan soal dalam kelompok, ketika diminta mengerjakan sendiri mereka kebingungan mencari penyelesaiannya.Pada materi yang bersifat hafalan siswa banyak yang mengalami kesulitan.Siswa harus dipancing guru agar mau menyukai pelajaran kimia.

Ilmu kimia memang bukan mutlak untuk dihafal, melainkan dipahami. Menghafal nama unsur kimia dalam SPU merupakan keterampilan dasar yang wajib dikuasai siswa. Namun banyak siswa yang tidak hafal nama unsur – unsur kimia.

Guru berusaha membuat metode latihan menghafal yang mudah dengan menggunakan jembatan keledai .Jembatan keledai adalah salah satu tehnik mnemonic yang banyak disukai oleh banyak orang karena simple,mudah diingat dan menyenangkan. Jembatan keledai merupakan cara alternatif yang sudah lama digunakan sejak zaman dulu agar siapapun bisa dengan cepat menghafal sesuatu dengan mudah.

Baca juga:  Kolaborasi Google Classroom dan Metode Drill

Materi kimia pada sistem periodik unsur adalah serangkaian sub materi kimia yang tersusun atas struktur atom dan tabel periodik. Pada tabel periodik unsur terdiri baris mendatar (horisontal) yang disebut periode, sedangkan garis tegak (vertikal) disebut golongan.Tabel periodik yang akan dipelajari adalah unsur – unsur golongan IA-VIIIA. Mengahafal nama-nama unsur dalam SPU dapat membantu dalam memahami ,deret volta,ikatan ion dan kovalen,ikatan logam,larutan elektrolit dan non elektrolit,bilangan oksidasi serta reaksi pembentukan garam.

Dalam pembuatan jembatan keledai , kelas dibagi dalam kelompok yang terdiri dari
4 – 5 siswa secara heterogen. Guru membebaskan siswa berkreasi dalam menentukan tema jembatan keledai yang akan digunakan siswa untuk menghafal SPU. Guru hanya memberikan rambu-rambu agar dalam membuat jembatan keledai sesuai kreativitas masing-masing tapi menggunakan bahasa yang sopan.Penilaian jembatan keledai unsur dilakukan dengan mempertimbangkan aspek ketepatan dan kreativitas siwa
Contoh jembatan keledai untuk menghafal unsur kimia dalam SPU adalah sebagai berikut:
Golongan A (ke bawah): Gol IA : H-Li-Na-K-Rb-Cs-Fr (Hji LiNa Kawin Robi Cs Frustasi)
Gol IIA : Be-Mg-Ca-Sr-Ba-Ra (Beli Mangga Campur Sirsak Bawa Rambutan)
Gol IIIA : B-Al-Ga-In-Tl-Uut (Bang Ali Ganteng InTelek Usaha utang)
Gol IVA : C-Si-Ge-Sn-Pb-Uuq (Curhat Si Gendut Seneng Plembungan Untuq)
Gol VA : N-P-As-Sb-Bi-Uup (Nembak Pacar Asal Sabar Bisa, Uups!)
Gol VIA : O-S-Se-Te-Po-Uuh (Orang Suka Selalu TelPon, Uuh!)
Gol VIIA : F-Cl-Br-I-At-Uus (Festival Celana Baru Iri Ati ngUruse)
Gol VIIIA : He-Ne-Ar-Kr-Xe-Rn-Uuo (Heboh Negara Arab Karena Xeksi Ratunya, WUuow!)

Baca juga:  Belajar Asyik dengan Manga Sains Festival

Pemberian jembatan keledai unsur selain dapat membuat siswa mudah hafal nama dan simbol unsur, juga dapat membentuk karakter siswa untuk memiliki keterampilan yakni kolaborasi,komunikasi dengan penuh percaya diri, kreatif, inovatif, berjiwa leadership. Karena pembelajaran ini menggunakan kata-kata lucu, sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan, maka diharapkan murid lebih bersemangat menghafal dan dapat menguasai materi Sistem Periodik Unsur (SPU) khususnya dan materi hafalan lain pada umumnya. (ud1/zal)

Guru Kimia SMKN 1 Pringapus, Kab. Semarang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya