alexametrics

Radiasi Benda Hitam Bukanlah Hitam Sempurna

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Warna adalah biasan dari cahaya yang bertemu dengan kelebihan dari mata makhluk hidup, sehingga membentuk goresan- goresan yang indah. Secara teori ilmiah, warna merupakan sebuah spektrum tertentu yang dihasilkan dari suatu cahaya sempurna yang berupa putih. Jadi, cahaya sempurna putih itu tadi bisa diubah menjadi cahaya- cahaya lain yang berwarna-warni. Kita mengenal warna – warna yang sering disebut Mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu). Dalam ilmu pewarnaan, kita mengenal ada warna gelap dan warna yang terang. Warna- warna gelap seperti hitam, biru tua , coklat tua, hijau tua, dan lainnya yang biasanya serba tua. Sementara warna terang adalah warna- warna yang cerah seperti kuning, hijau muda, biru laut, pink dan lainnya.

Setiap benda pasti memiliki warna. Hal tersebut bisa dengan jelas ditangkap oleh mata manusia yang normal. Warna- warna pada benda ternyata memiliki kemampuan untuk memancarkan radiasi. Salah satu warna benda yang dapat memancarkan radiasi adalah benda berwarna hitam. Benda berwarna hitam memang memiliki kemampuan lebih dalam menyerap cahaya. Itulah sebabnya ketika kita menggunakan kaos atau baju berwarna hitam di bawah terik matahari, maka terasa lebih panas daripada ketika kita menggunakan baju berwarna terang seperti putih dan lainnya. Selain itu, ketika kita menjemur pakaian, maka pakaian kita yang berwarna hitam akan lebih cepat kering daripada pakaian kita yang berwarna cerah atau putih. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan radiasi benda hitam? Itu salah satu pertanyaan dari siswa SMA Negeri 15 Semarang saat mapel Fisika yang penulis ampu.

Baca juga:  Efektivitas Pentablet dalam PJJ Konsep Hukum Newton

Sebelum kita membahas mengenai pengertian dari radiasi benda hitam, penulis membahas terlebih dahulu mengenai apa itu benda hitam yang dimaksud kali ini? Apakah benda yang berwarna hitam atau yang lainnya? Benda hitam tidak hitam sempurna yang dimaksud di sini adalah benda yang buram/berwarna gelap dan tidak memantulkan (menyerap) cahaya. Nah, yang dimaksud dengan radiasi benda hitam adalah sebuah radiasi elektromagnetik termal yang terjadi di dalam atau di sekitar benda dalam keadaan kesetimbangan termodinamika dengan lingkungannya atau saat ada proses pelepasan dari benda hitam tersebut. Istilah yang lebih mudah kita pahami, radiasi benda hitam ini adalah ketika benda tersebut menyerap dan menahan cahaya kemudian memancarkan radiasi ke sekitarnya. Sehingga kita bisa merasakannya melalui suhu ataupun perubahan ke warna- warna tertentu. Diasumsikan demi perhitungan dan teori berada pada suhu konstan dan seragam. Radiasi ini memiliki spektrum dan intensitas spesifik yang bergantung hanya pada temperatur benda.

Baca juga:  Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Fisika

Mengapa radiasi benda hitam bisa terjadi? Benda hitam yang ideal digambarkan sebagai sebuah rongga hitam yang memiliki lubang- lubang kecil, ketika suatu cahaya memasuki rongga melalui lubang tersebut, maka berkas cahaya akan dipantulkan berkali- kali di dalam rongga tersebut dan tidak dapat keluar kembali ke lubang. Dinding- dinding benda yang berwarna hitam akan menyerap cahaya. Benda hitam ini akan menyerap cahaya yang suhunya lebih rendah daripada suhu di sekitarnya dan memancarkan cahaya yang suhunya lebih tinggi dari pada suhu di sekitarnya.

Benda-hitam pada suhu ruang terlihat hitam, karena semua energi yang ia radiasikan adalah inframerah dan tak dapat dilihat mata manusia. Karena mata manusia tak dapat melihat warna pada intensitas cahaya sangat rendah, sebuah benda hitam jika dilihat dalam gelap terlihat berwarna abu-abu (namun ini hanya karena mata manusia hanya sensitif terhadap hitam dan putih pada intensitas cahaya sangat rendah- pada kenyataanya, frekuensi cahaya pada range terlihat tetaplah berwarna merah), meski spektrum puncaknya berada pada kisaran inframerah. Jika sedikit dipanaskan, warnanya terlihat merah tua. Jika temperatur dinaikkan terus maka menjadi biru-putih.

Baca juga:  Tingkatkan Prestasi Belajar IPS dengan Model Project Based Learning

Istilah benda hitam pertama kali diperkenalkan oleh Gustav Kirchhoff pada 1860. Radiasi benda-hitam disebut juga radiasi sempurna atau radiasi temperatur atau radiasi termal. (gml2/aro)

Guru Fisika SMA Negeri 15 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya