alexametrics

Pembelajaran Deret Geometri dengan Gelitik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Budaya membaca di Indonesia senantiasa senantiasa masih perlu digalakkan, hal ini sebagai langkah perbaikan hasil belajar siswa Indonesia oleh PISA (Programme Internationale Students Assesment) yang masih rendah. Hasil analisis Ujian Nasional dari Badan Pusat Penilaian Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa rerata nilai Ujian Nasional siswa SMA Negeri 7 Semarang pada mata pelajaran matematika belum mencapai ketuntasan. Kompetensi Dasar itu adalah menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan aplikasi deret geometri adalah 37,90 masih di bawah rerata provinsi 38,45 dan rerata Kota Semarang 39,19.

Masalah-masalah yang berkaitan dengan deret geometri begitu dekat dengan kehidupan kita. Misalnya, masalah pertumbuhan penduduk, masalah penyebaran Covid-19, masalah penurunan imunitas tubuh dan masih banyak lagi dalam bidang lingkungan, pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, politik dan Hankamnas.

Sesuai Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang kebijakan darurat pendidikan dalam masa penyebaran corona virus dissease (Covid-19), seluruh proses pembelajaran harus dilaksanakan jarak jauh sebagai upaya mendukung social distancing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kondisi inilah yang mewajibkan siswa untuk menyelesaikan seluruh kewajibanya dengan melaksanakan Gerakan Literasi TIK (Gelitik).

Baca juga:  Role Playing Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Literasi TIK yaitu kemampuan untuk menggunakan teknologi digital TIK, alat komunikasi atau jaringan dalam mendefinisikan (define), mengakses (access), mengelola (manage), mengintegrasikan (integrate), mengevaluasi (evaluate), mencipta (create), dan mengkomunikasikan (communicate) informasi secara baik dan legal dalam rangka membangun masyarakat berpengetahuan. Kelebihan teknologi informasi dan komputer dalam dunia pendidikan antara lain: (1) dapat mencari informasi yang dibutuhkan secara cepat untuk kepentingan pendidikan; (2) dapat memudahkan pembelajaran jarak jauh; (3) sistem administrasi secara online di lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar tanpa perlu mengantri panjang dalam melakukan administrasi.

Adapun kekurangannya yakni (1) Kemajuan TIK akan semakin mudah akan terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan; (2) Dengan adanya televisi, gadged dan alat elektronik lain akan mempengaruhi peserta didik untuk malas belajar karena terlalu asyik dengan alat-alat tersebut;(3) dengan adanya akses internet, dan isinya sudah ada bermacam informasi yang dibutuhkan , hal itu akan menyebabkan kita malas untuk membaca buku-buku pendidikan karena terpengaruh oleh hal-hal yang instan; (4) banyak siswa yang terperangkap dalam game online atau film nirkabel karena yang semula refresing dari satu alat yang sama, sehingga ia terlena dan habis waktu dalam kegiatan hiburan dari pada kegiatan pembelajaran.

Baca juga:  Latihan Skipping Tingkatkan Kebugaran Jasmani Siswa

TIK bagaikan pedang bermata dua. Karenanya kita harus bijak, sehingga kita bisa memperoleh manfaat yang maksimal dari fasilitas itu. Pengetahuan kita tentang kekurangan TIK cukup menuntun untuk meminimalkan risiko-risiko yang mungkin terjadi. Manfaat deret geometri dalam kehidupan sehari- hari antara lain: meningkatkan kompetensi pembelajar mampu membuat pola dari masalah-masalah yang muncul. Contohnya pola pencurian dan penipuan menjelang hari raya Idul Fitri, pola penyebaran Covid-19, pola makan yang meyebabkan obesitas, pola kecurangan hasil belajar siswa dan masih banyak lagi. Setelah kita mampu mempolakan masalah, untuk mencari solusinya kita tinggal membuat unpola atau fungsi inversnya sebagai penetralnya/ solusinya. Begitu penting manfaat untuk mendapatkan pola sekaligus mendapatkan solusinya dari masalah sebesar apapun termasuk masalah global seperti Covid-19. (gml2/aro)

Baca juga:  Optimalisasi WAG Tingkatkan Keaktifan Siswa di Masa Pandemi

Guru Matematika SMA Negeri 7 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya