alexametrics

Teknik Mnemonik Memudahkan Belajar Struktur Teks Bahasa Indonesia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Teks atau karangan menjadi pelajaran yang harus didalami oleh seorang pelajar sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah. Ada beberapa jenis teks atau karangan dalam bahasa Indonesia, yang mana setiap jenis teks tersebut memiliki struktur yang berbeda-beda. Dari beberapa jenis teks yang ada pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa pasti mengalami kesulitan dalam mengingat strukturnya dan mereka pasti akan membacanya berulang-ulang, merangkum, menghafal, mengingat lagi dan lagi agar bisa menguasai materi kadang menimbulkan rasa jenuh.

Hal ini dialami juga oleh siswa kelas VIII SMPN 1 Andong dalam mempelajari materi struktur teks. Oleh karena itu diperlukan teknik pembelajaran yang sekiranya dapat menarik minat siswa sehingga terbebas dari kejenuhan dan memudahkan dalam mengingat-ingat. Teknik mnemonik kiranya tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi struktur teks tentunya bisa memudahkan siswa untuk memahami materi.

Baca juga:  Menganalisis Beragam Norma dengan KK makin Mudah

Teknik mnemonik merupakan strategi untuk membantu siswa supaya mudah menyerap informasi atau materi yang akan diajarkan oleh guru atau pengajar. Teknik ini bisa mempermudah menyajikan suatu struktur teks dalam waktu yang singkat. Dengan teknik ini siswa dapat memahami materi dengan baik tanpa rasa jemu, karena bukan berupa catatan ataupun rangkuman. Siswa lebih fokus pada apa yang mereka pelajari. Dilihat dari segi waktu, manfaat teknik mnemonik bisa menyingkat waktu belajar serta menghafal dan memahami materi.

Bentuk teknik mnemonik bisa bermacam-macam. Menurut Joyce, dalam bukunya Models of Theaching (model-model pengajaran) ada empat macam teknik mnemonik yaitu Pertama, metode loci. Anak menyusun imajinasi atau cara dari suatu suatu item yang akan diingat sesuai dengan tempat yang mudah diingat. Kedua, metode akrostik. Metode mengingat dengan cara mengambil huruf depan dari suatu materi yang ingin diingat, kemudian huruf depan ini digabungkan dibuat suatu singkatan atau cerita. Ketiga, metode akronim. Metode mengingat dengan cara menyusun kata-kata atau kalimat dari huruf pertama terkadang memasukkan kata kedua agar lebih mudah terbaca. Keempat, metode kata kunci. Metode mengingat dengan menggunakan imajinasi yang hidup diletakkan pada kata ganti.

Baca juga:  Asyik Belajar Iman Qada dan Qadar dengan Metode Everyone is a Teacher Here

Dari keempat jenis teknik mnemonik tersebut pada umumnya langkah-langkah pelaksanaan strateginya hampir sama. Namun, pada materi struktur teks ini menggunakan metode akronim dengan cara: pertama, mempersiapkan materi dengan menggunakan langkah menggarisbawahi, membuat daftar, dan merefleksikan. Kedua, dari kata-kata yang telah digarisbawahi, didaftar dan, direfleksikan tersebut diambil huruf pertamanya atau terkadang memasukkan kata kedua untuk lebih mempermudah mengingat. Salah satu contoh akronim yang berhubungan dengan struktur teks ini misalnya untuk struktur teks ulasan yang terdiri dari identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, rekomendasi. Dengan teknik mnemonik bisa diakronimkan IOSAERek.

Dari pengalaman penerapan teknik mnemonik dalam pembelajaran materi struktur teks di kelas VIII SMPN 1 Andong, peserta didik merasa senang dan bersemangat. Hasil belajarpun mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan cara ceramah ataupun membuat rangkuman. (dar1/ton)

Baca juga:  Pembelajaran Bermain Peran pada Materi Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

Guru SMPN 1 Andong, Kec. Andong, Kab. Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya