alexametrics

Lebih Mudah Mengenal Tata Surya dengan Model Menggambar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA Pelajaran IPA di Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran wajib yang berfungsi sebagai alat pengembangan diri peserta didik dalam berbagai kompetensi yang meliputi: kepribadian, ilmu pengetahuan, teknologi, kreatif, dan kecakapan hidup. Dengan aspek tersebut peserta didik dapat rumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian, serta siap untuk ikut serta menyukseskan pembangunan nasional. Menurut Sulistyorini (2007:146), pembelajaran IPA harus melibatkan keaktifan anak secara penuh dengan cara guru dapat merealisasikan pembelajaran yang mampu memberi kesempatan pada anak didik untuk melakukan keterampilan proses meliputi: mencari, menemukan, menyimpulkan, mengkomunikasikan sendiri berbagai pengetahuan, niai-nilai dan pengalaman yang dibutuhkan.

Dalam dunia pendidikan bagi seorang guru apa yang disebut dengan media pembelajaran atau alat untuk membantu dalam proses pembelajaran adalah hal yang sudah biasa, media bagi seorang guru sama fungsinya dengan cangkul bagi seorang petani. Membuat inovasi dalam pembelajaran adalah hak bagi semua orang. Di sini ketika saya akan menyampaikan materi tentang Tata Surya kepada peserta didik kelas VIB SDN 2 Campurejo Kec. Boja Kab. Kendal dengan menggunakan model menggambar. Cara pembelajaran ini dapat dikembangkan dengan cara membuat gambar yang ada di berbagai media dan lingkungan sekitar. Peserta didik membawa peralatan gambar yang telah mereka siapkan, selanjutnya mereka mulai menggambar tata surya. Mereka tengah asyik menggambar tata surya seakan mereka lupa sedang belajar. Nah dengan cara ini disamping mengasah kreatifitas, peserta didik juga dapat mengenal tata surya contohnya menyebutkan nama-nama planet. Kemudian hasil karya mereka dapat dipamerkan dalam papan mading sekolah. Pembelajaran dengan menggambar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mempercepat suatu pemahaman peserta didik.

Baca juga:  Belajar Menulis Sejarah Lebih Mudah Melalui Wawancara

Guru yang profesional dalam setiap mengajar tidak cukup hanya berbekal dengan kepandaian atau cakap dalam menjelaskan suatu materi kepada peserta didik namun juga harus diikuti dengan suatu keahlian bagaimana cara menggunakan media atau alat bantu untuk lebif efektifnya proses pembelajaran dengan arti apa yang disampaikan guru lebih mudah dicerna dan dipahami oleh peserta didik untuk menciptakan kondisi dengan sengaja agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pembelajaran menggambar dapat digunakan di kelas rendah maupun kelas tinggi dan juga dapat digunakan diberbagai mata pelajaran. Untuk pelajaran matematikapun dapat menggunakan model menggambar, misalnya menggambar pecahan. Pembelajaran dengan model menggambar bertujuan agar peserta didik mampu memahami mata pelajaran yang ia pelajari dengan mudah. Selain itu, dengan menggambar, diharapkan otak peserta didik antara otak belahan kanan dan kiri dapat berjalan dengan seimbang. Jika otak berjalan dengan seimbang, maka dalam diri peserta didik akan muncul adanya kreatifitas yang baik. (dar1/bas)

Baca juga:  Role Playing Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Tata Surya

Guru SDN 2 Campurejo Kec Boja Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya