alexametrics

Asiknya Belajar IPS dengan Crosword Puzzle Teka Teki Silang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM kegiatan pembelajaran penggunaan metode sangat mempengaruhi minat dan keaktifan belajar siswa sehingga guru dituntut harus jeli memilih metode pembelajaran, karena kemampuan ketrampilan pengetahuan dan karakter yang dimiliki siswa tidak sama maka bagaimana caranya untuk menghindari siswa tidak memiliki rasa jenuh dalam belajar Ips , karena penggunaan metode merupakan bagian dari daya tarik siswa mengikuti pembelajaran secara aktif. sehingga hasil yang diharapkan tercapai.

Pada materi pengaruh perubahan dan interaksi keruangan terhadap kehidupan di Negara-Negara ASEAN bidang sosial dan budaya Kls VIII semester I SMP I Sragi , Siswa di ajak untuk bermain dengan mengisi teka teki silang (TTS) atau dikenal dengan metode crosword Puzzle , yaitu suatu permainan yang mengasikan dengan mengisi rangkaian kotak –kotak yang berwarna hitam putih serta dilengkapi 2 lajur yaitu lajur mendatar dan menurun. yang disesuaikan dengan jumlah pertanyaan dan jawabanya dengan permainan ini partisifasi , keterlibatan keaktifan siswa dari awal pembelajaran dimulai, pada proses pembelajaran siswa mempersiapkan tidak hanya persiapan mental akan tetapi juga fisik sehingga siswa akan merasakan suasana yang asik menyenangkan

Baca juga:  Ceria Belajar Alih Fungsi Lahan Pertanian dengan Gallery Walk

Croswod Puzzle (teka teki silang)merupakan salah satu metode pembelajaran aktif bagi siswa yang melibatkan semua siswa untuk berfikir saat pembelajaran berlangsung dengan mengisi teka teki silang , maka dari itu siswa lebih antusias mengikuti pelajaran. Crosword Puzzle adalah Strategi pembelajaran untuk meninjau ulang (Reviu) materi yang sudah disampaikan , dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam mengingat kembali materi tersebut , sehingga siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran baik aspek koknitip afektif piskomorik Menurut Rinaldi umar (2005) (http/www. c. se. ohio html)Metode Croswod Puzzle TTS dapat membangun syaraf otak yang memberi efek menyenangkan ingatan sehingga fungsi kerja otak kembali optimal. karena otak yang memberi efek optimal otak dibiasakan untuk terus menerus belajar dengan santai, karena belajar dengan santai yang dapat membuat siswa menjadi lebih paham dan mudah masuk dalam ingatan sehingga siswa tidak mudah lupa dengan materi yang sudah disampaikan.

Baca juga:  Menebar Motivasi di Tengah Pandemi

Langkah – langkah dalam Permainan Teka teki silang atau metode Crosword Puzzle 1)Penyampaian Kopetensi dasar (KD)Indikator pada materi dengan tujuan untuk mengukur ketercapaian kopetensi tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. 2)Presentasi materi pada tahap penyampaian guru telah menciptakan momen awal pembelajaran. 3) penyajian materi media power point, siswa terlibat aktif dengan mengamati memahami materi yang telah disampaikan. 4) Guru membentuk kelompok secara hitrogen setiap kelopok 4-5 siswa. 5) Guru membagikan lembar TTS pada siswa , untuk diisi dengan didiskusikan secara kelompok dengan batas waktu yang telah ditentukan. 6) Guru mengamati keaktifan siswa dan hasil kerja kelompok, yang sudah selesai lebih dulu untuk maju mewakili kelompoknya menuliskan jawabanya pada lembar TTS di papan yang telah disediakan. 7) Apabila jawaban benar siswa tepuk tangan apabila salah untuk menyanyi. 8) Jawaban yang benar mendapat point nilai secara indifidu dan kelompok ditambah keaktifan kerja sama dan tanggung jawab dalam kelompok.

Baca juga:  Dengan CTL Belajar IPS lebih Bermakan

Penutup Guru memberikan tanggapan terhadap hasil kerja siswa, Guru bersama siswa menarik kesimpulan selanjutnya memberikan refleksi pada pembelajaran berdasarkan pengamatan metode Crosword Puzzle (TTS) siswa kelihatan asik antusias aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan hasil meningkat. (dar1/bas)

Guru IPS SMP Negeri I Sragi Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya