alexametrics

PJJ Materi Alat Optik dengan GC di Tengah Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Akhir tahun 2019 di Wuhan Cina merebaklah virus korona yang disingkat Covid 19. Dalam perkembangannya virus menyebar luas seantero dunia termasuk Indonesia. Penyebaran wabah ini berdampak pada segala bidang kehidupan termasuk dunia pendidikan.
Guru dan siswa diharuskan tidak berkumpul di sekolah dan tetap melakukan aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah masing-masing menggunakan jejaring internet. Pada tanggal 16 Maret siswa di seluruh Indonesia mulai diliburkan, untuk mencegah dan mengurangi pandemi Covid-19. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) seketika menyebabkan kurangnya persiapan, khususnya dari pihak guru untuk membekali siswanya. Namun di industri 4.0 ini kendala tersebut dapat teratasi, mulailah pembelajaran jarak jauh/daring untuk semua siswa di Indonesia.

PJJ atau pembelajaran jarak jauh saat ini banyak digunakan oleh para pendidik/guru untuk menyampaikan materi pelajaran di tengah pandemi Covid’19. Pada awal Maret 2020 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau masyarakat Indonesia mengisolasi diri atau tidak keluar rumah sampai waktu yang belum ditentukan. Peserta didik harus tetap belajar di rumah. Pendidikpun harus bekerja dari rumah. Di tengah pandemi ini pembelajaran tatap muka tidak mungkin dapat dilakukan . Berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Kesehatan No 02.01/ Menkes/199/2020, yang berisi Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No. 697/03/2020, Surat Edaran Mendikbud No.4 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Covid’19 pada satuan pendidikan langkah yang sangat dianjurkan adalah mengubah pembelajaran konvensional (tatap muka) menjadi pembelajaran daring.

Baca juga:  Implementasi Pendidikan Multikultural dalam PAI

Pembelajaran daring bagi sebagian guru yang senior/tua menjadi masalah, karena pembelajaran konvensional yang telah lama dilaksanakan terus berubah drastis. Oleh karena itu pendidik dituntut harus dapat menggunakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajarannya dalam daring.

Banyak pilihan aplikasi yang disediakan oleh penyedia aplikasi. Di antaranya adalah Ruang Guru, Google Classroom (GC), Rumah Belajar, Edmodo, Quipper School, Zenius, Kelas Kita, Brainly dll.

Penulis sebagai guru fisika menggunakan aplikasi GC (Google Classroom) untuk menyampaikan materi alat optik pada kelas XI pada pembelajaran daring. Sebelum menggunakan aplikasi GC kita harus tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut melalui pelatihan-pelatihan agar dapat menggunakan aplikasi GC ini dengan baik dalam pembelajaran daring.

Baca juga:  Hidup Beretika di Masa Pandemi Covid-19

Sebagai media pembelajaran GC masih kurang efektif disebabkan GC tidak memiliki fasilitas menulis rumus dan simbol-simbol dalam mata pelajaran fisika. GC bukanlah yang terbaik dari aplikasi-aplikasi yang ada, tetapi sudah dapat membantu untuk pembelajaran daring.
Setelah kita memahami penggunaan GC maka kita tinggal menggunakannya dalam pembelajaran daring untuk menyampaikan materi pelajaran dengan cara PJJ. Penulis memberi materi pelajaran alat optik dan mengadakan penilaian melalui pembelajaran daring.

Penulis juga memberi tugas belajar online melalui GC berupa video pembelajaran dan lain-lain. Hasil dari penilaian harian dapat kita lihat pada respons siswa pada penilaian pada drive kita. Cara mudah untuk mengadakan penilaian lewat GC adalah kita buat soal penilaian melalui google formulir dan soal disimpan di google drive kita, jika akan mengadakan penilaian harian kita tinggal ambil dari google drive itu.

Baca juga:  Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Bermain Engklek

Dengan adanya pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19 ini para guru dapat memberikan layanan kepada siswanya sesuai mata pelajaran masing-masing dan menggunakan aplikasi yang ada sesuai kemampuannya.

Dengan demikian pembelajaran tetap dapat berlangsung. Walaupun kondisi belajar dari rumah siswa masih mendapatkan pelajaran, sehingga para siswa tidak ketinggalan materi pelajaran. (gml1/lis)

Guru Fisika SMAN 15 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya