alexametrics

Asyiknya Belajar Kegiatan Ekonomi Dengan Discovery Learning

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah. Dan merupakan mata pelajaran yang terpadu atau terintegrasi dari beberapa disiplin ilmu sosial dan humaniora serta fokus pada keterampilan diri siswa agar menjadi warga negara yang baik dan mampu menyelesaikan masalah di lingkungannya.

Menurut Rochman Natawijaya dalam Depdiknas (2005:31), belajar aktif adalah suatu sistem belajar mengajar yang menekankan keaktifan peserta didik secara fisik, mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan demikian siswa yang lebih banyak melakukan kegiatan sedangkan guru lebih banyak membimbing dan mengarahkan.

Baca juga:  Efektivitas Kegiatan Ekonomi dengan Gallery Walk

Faktor guru sebagai penyelenggara pembelajaran memegang peranan penting terhadap keberhasilan kegiatan belajar siswa. Kemampuan dalam mendisain dan menerapkan pendekatan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan merupakan tuntutan profesional seorang guru. Tidak dapat dipungkiri masih banyak yang belum menguasai berbagai model, pendekatan dan metode pembelajaran yang inovatif. Fenomena ini merupakan masalah yang cukup ironis dan memprihatinkan bagi insan pendidik. Karena apabila terus menerus belum terpecahkan maka pihak yang dirugikan adalah siswa sebagai subjek belajar.

Permasalahan rendahnya hasil belajar IPS di kelas VII A SMP Negeri 3 Kendal pada materi kegiatan ekonomi, maka penulis berusaha memberikan alternatif pemecahan masalah melalui model pembelajaran discovery learning. Metode discovery learning merupakan metode dengan mengembangkan cara belajar siswa menjadi lebih aktif, mandiri dan pemahaman yang lebih baik.

Baca juga:  Problem Based Instruction Mampu Memotivasi Belajar Siswa pada Persamaan Kuadrat

Siswa mencari jawaban atas pertanyaannya sendiri, sehingga dapat diingat lebih baik. Strategi ini dinamakan strategi penemuan, siswa aktif mencari dan menemukan jawaban atas materi terkait.

Langkah-langkah model pembelajaran discovery learning : pertama menentukan tujuan pembelajaran. Kedua melakukan identifikasi karakteristik siswa (kemampuan awal, minat, gaya belajar dan sebagainya). Ketiga, menentukan topik yang harus dipelajari siswa secara induktif (dari contoh-contoh generalisasi). Keempat mengembangkan bahan belajar yang berupa contoh-contoh, ilustrasi tugas dan sebagainya untuk di pelajari siswa. Kelima, kegiatan inti antara lain simulation (simulasi atau pemberian rangsangan), pengolahan data/data prosesing dilakukan dengan diskusi, verification (pembuktian) siswa mempresentasikan, generalisation (menyimpulkan sementara). Keenam menyimpulkan bersama, ketujuh melakukan penilaian belajar siswa.

Baca juga:  Metode MaMa Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya

Pembelajaran dengan model discovery learning pada materi kegiatan ekonomi di kelas VII A SMP Negeri 3 Kendal menjadikan siswa aktif, menumbuhkan sekaligus mencari temukan, melatih siswa belajar mandiri sehingga membuat siswa lebih lama mengingat apa yang sudah dipelajarinya. Hal ini dapat dibuktikan pada saat diadakan penilaian mayoritas hasilnya meningkat. (dar1/lis)

Guru IPS SMP Negeri 3 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya