alexametrics

Ajak Peserta Didik Belajar Ketok Magic dari Rumah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BANYAKNYA mobil yang melaju di jalan raya, menyebabkan semakin banyak pula risiko bodi kendaraan mengalami kerusakan atau penyok. Selaras dengan hal tersebut, banyak bermunculan bengkel body repair resmi maupun personal. Salah satu teknik yang digunakan bengkel body repair adalah Ketok Magic atau biasa disebut dalam buku pembelajaran Teknik Hammer and Dolly. Hal tersebut menjadikan bangkel body repair membutuhkan begitu banyak mekanik body repair dari lulusan sekolah kejuruan. SMK Negeri 1 Jambu khususnya Jurusan Teknik Bodi Otomotif menangkap peluang tersebut, sehingga salah satu praktik yang diajarkan adalah Teknik Hammer and Dolly atau bahasa bengkelnya adalah Ketok Magic.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, otomatis pembelajaran dilakukan di rumah. Sedangkan pembelajaran praktik yang dilakukan di rumah sedikit sulit dikarenakan alat dan bahan di rumah pasti sangatlah terbatas. Pembelajaran praktik harus diatur sekreatif mungkin, agar peserta didik tetap asyik dan alat dan bahan yang digunakan juga terjangkau. Teknik Ketok Magic ini mempunyai karakteristik tersendiri, yaitu mampu mengembalikan kerusakan ringan atau penyok ringan tanpa merusak cat aslinya.

Baca juga:  Pengaliran Karakter pada AUD dengan Metode Cinta

Nah hal inilah yang membuat mekanik ketok magic atau bengkel resmi yang mempunyai area khusus ketok magic yang menjadi rujukan para pemilik mobil yang ingin menjaga keaslian cat mobilnya. Padahal biaya ketok magic pastinya lebih mahal tetapi pengerjaannya lebih cepat (tidak lebih dari satu hari, bahkan bisa ditunggu) dari perbaikan yang membutuhkan pendempulan dan pengecatan yang bisa sampai dua atau empat hari lamanya.

Dengan kondisi demikian, SMK Negeri 1 Jambu jurusan Teknik Bodi Otomotif memberikan materi praktik Teknik Hammer and Dolly atau Ketok Magic yang bisa dilakukan di rumah yaitu menggunakan bahan praktik berupa kaleng bekas biskuit atau kaleng kerupuk. Sedangkan Hammer dan Dolly-nya menggunakan kayu bekas. Langkah pertama, buat kerusakan kecil pada kaleng bekas tersebut, bisa dirusak dengan cara digores sambil ditekan menggunakan uang koin logam yang dilapisi kain agar cat tidak rusak. Langkah kedua, membuat Hammer dan Dolly dengan kayu bekas yang dibentuk sepresisi dan sehalus mungkin agar ketika diaplikasikan tidak merusak cat benda kerja (seperti alat yang biasa digunakan di sekolah), dengan menggunakan gergaji, kikir atau amplas. Langkah ketiga, lakukan perbaikan area luka tersebut menggunakan alat palu dan dolly dengan teknik off dolly terlebih dahulu, sebagai pengetahuan bagi pembaca Teknik Off Dolly adalah teknik menempatkan dolly menjauhi tempat yang dipukul dengan palu. Dolly ditempatkan pada sisi yang rendah di bagian dalam panel, semantara palu digunakan untuk memukul permukaan yang menonjol. Langkah keempat, setelah permukaan sekitar goresan uang koin rata dengan panel asli, maka lakukan Teknik On Dolly pada sepanjang garis goresan uang koin, untuk pengetahuan pembaca lagi Teknik On Dolly adalah teknik menempatkan dolly menjauhi tempat yang sama dengan tempat yang dipukul dengan palu. Bagian luar dolly ditempatkan pada sisi dalam dari panel yang menonjol, sementara palu digunakan untuk memukul permuakaan yang menonjol. Langkah kelima, yang tak kalah penting adalah merapikan alat bahan dan tempat kerja. Lakukan secara berulang lima langkah tersebut sampai peserta didik mendapatkan hasil perbaikan rata, halus dan tidak merusak cat.

Baca juga:  Metode Card Sort Efektif Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa

Demikian cara belajar ketok magic yang bisa dilakukan dari rumah dan yang biasa diajarkan pada peserta didik di SMK Negeri 1 Jambu. Dengan teknik ini anak–anak lebih mudah dan efektif dalam melakukan pembelajaran khususnya aplikasi perbaikan panel bodi. (dar1/ida)

Guru SMKN 1 Jambu Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya