alexametrics

Asyiknya Belajar Koloid Menggunakan Media TTS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KIMIA adalah salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam yang berkaitan dengan kajian – kajian tentang struktur dan komposisi materi, perubahan yang dialami materi serta fenomena – fenomena lain yang menyertai perubahan materi. Koloid merupakan materi yang di pelajari di kelas XI yang berkarakter teori dan banyak hafalan, sehingga siswa dituntut untuk memiliki daya ingat dan kemampuan menghafal yang baik. Untuk itu seorang guru harus merencanakan proses pembelajaran yang menyenagkan dan mampu mengajak peserta didik aktif dalam proses membangun pengetahuan, salah satunya yaitu dalam pemilihan media pembelajaran.

Media adalah faktor penting dalam pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi dan mengurangi miskonsepsi serta sebagai sumber belajar dan mewakili sesuatu yang tidak dapat di sampaikan. Dengan penggunaan media yang tepat maka diharapkan pembelajaran yang menyenangkan diharapkan tercapai. Salah satu media yang dapat digunakan adalah taka teki silang. Seperti yang diterapkan di SMAN 1 Doro, Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:  Penerapan PJJ PAI Cetak Karakter Disiplin dan Sopan Santun

Teka teki silang merupakan sebuah permainan bahasa dengan cara yaitu mengisi ruang – ruang kosong yang membentuk sebuah kata yang yang sapat dibaca baik secara vertical maupun horizontal. Selain itu mengisi TTS merupakan permainan yang sangat mengasyikkan yang juga berguna untuk mengingat kosa kata dan pengetahuan kita yang bersifat umum dengan cara santai.

Cara pengaplikasian TTS sebagai media pembelajaran yaitu guru pertama–tama mendemonstrasikan terlebih dahulu permainan TTS kepada peserta didik didepan kelas, kemudian memberitahu cara bermainnya. Sebelum guru mendemonstrasikan cara bermainnya kepada peserta didik, guru membuat TTS sesuai dengan materi yang akan diajarkan misalnya pada materi koloid. Setelah bahan dipersiapkan , guru membuat daftar kata–kata penting lalu merancang draft kata secara mendatar dan menurun sesuai draft kata yang di buat. Berikutnya guru merancang kotak–kotak TTS sesuai dengan draft kata mendatar dan menurun. Setelah disain kotak dan kata TTS selesai susun pertanyaaan secara mendatar dan menurun, jika rancangan pertanyaan dan kotak TTS sudah siap beri kotak mendatar dan menurun dengan nomor pertanyaan atau soal.

Baca juga:  Peningkatan Kemampuan Mengajar Blended Learning Melalui Pembinaan di Masa Pandemi

Jadi untuk membuat sebuah media pembelajaran yang menarik maka sangat tepatlah jika media TTS menjadi rujukan para guru karena penggunaan media TTS sebagai media permainan diharapkan mampu mengurangi kejenuhan dalam proses mengajar karena adanya suasana pembelajaran yang menyenagkan. (pkl2/zal)

Guru kimia SMAN 1 Doro, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya