alexametrics

Peran Akuntansi Bagi Siswa dalam Menciptakan Wirausaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SELAMA ini muncul banyak anggapan bahwa akuntansi sangat sulit dikuasai. Apalagi bagi para siswa yang sejak awal tidak menyukai mata pelajaran tentang angka dan berhitung karena dianggap rumit. Pada kenyataannya memang tidak mudah untuk menghitung uang yang bukan milik sendiri.

Akuntansi merupakan proses dalam mengidentifikasi, mencatat, mengklasifikasi, mengolah, dan menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan. Bisa dikatakan juga sebagai transaksi agar mudah dipahami untuk mengambil keputusan yang tepat.. Dengan begitu, para siswa yang mempelajari Akuntansi akan akrab dengan rumus Excel. Hal tersebut berkaitan dengan pembukuan serta pelaporan tanggung jawab terhadap pemasukan dan pengeluaran.

Tidak hanya berkaitan dengan perencanaan dan penghitungan neraca keuangan, melainkan para siswa juga akan memahami sistem badan usaha dan kewirausahaan. Suatu saat, siswa-siswa kelas XI dan XII MAN Kendal yang belajar Akuntansi diharapkan memiliki jiwa kewirausahaan nantinya. Wirausaha sendiri dapat diartikan sebagai peluang usaha berdasarkan kreatifitas yang dimiliki setiap orang. Saat para siswa ingin menjadi seorang pelaku wirausaha, tentu harus mencari informasi sekaligus melihat peluang yang ada saat ini.

Baca juga:  Pembelajaran Akuntansi Aktiva Tetap dengan Model Stap

Saat ini begitu banyak peluang usaha bagi para siswa yang ingin memiliki uang jajan sendiri. Apalagi untuk berjualan atau berwirausaha sudah semakin mudah karena terbantu oleh keberadaan sosial media. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga aplikasi yang sedang naik daun yaitu TikTok. Para siswa akan sangat bersemangat dalam berwirausaha di tengah maraknya sosial media saat ini.

Para siswa tidak akan merasa kebingungan atau kesulitan untuk memikirkan barang apa yang akan dijual. Jika diperhatikan dari yang paling mudah saja, para siswa bisa memulai usahanya dengan menjadi seorang reseller barang. Maksudnya, para siswa akan menjual kembali produk atau barang orang lain dengan harga yang lebih murah atau mahal. Jadi keuntungan menjadi seorang reseller adalah para siswa tidak perlu pusing untuk mencari modal dari awal, karena reseller hanya bertugas untuk menjual kembali. Dapat dikatakan bahwa para siswa hanya tinggal mempromosikan produk atau barang tersebut melalui akun pribadi
Lain halnya ketika para siswa ingin memulai sebuah wirausaha sendiri yang dimulai dari awal. Selain butuh keberanian, juga dibutuhkan kreatifitas dan inovasi yang terus berkembang. Karena dalam wirausaha berkaitan dengan segala informasi yang ada saat ini. Begitu pula dengan memperhatikan jumlah biaya yang harus dikeluarkan serta pemasukan yang akan didapatkan. Oleh karena itu, para siswa perlu memahami adanya peran Akuntasi dalam berwirausaha.

Baca juga:  Audio Visual Tingkatkan Minat Belajar Aksara Jawa

Sebagai pelaku wirausaha, para siswa perlu menyadari tentang keuangan yang belum terjadi dan akan terjadi nanti.

Peran Akuntansi dalam wirausaha ini berkenaan dengan perhitungan angka mulai dari modal awal, biaya produksi, jumlah keuntungan dan kerugian, posisi keuangan yang stabil hingga pengambilan keputusan secara efektif. Semua harus diperhitungkan secara baik dan matang dalam bidang Akuntansi untuk dijadikan konsep dasar berwirausaha. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap Akuntansi bukan hal yang penting untuk dipersiapkan. Jika semua dipelajari dan dipahami dengan baik, maka akan terbentuk sebuah konsep wirausaha yang berkembang. Dengan demikian, para siswa dapat berwirausaha secara tenang dan lancar karena didukung oleh Akuntansi yang memadai. (pgn2/zal)

Baca juga:  Belajar Bioteknologi Melatih Siswa Berwirausaha

Guru Ekonomi – MAN Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya