alexametrics

Pentingnya Memahami Keunggulan dan Kelemahan Kurikulum 2013

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Istilah kurikulum berasal dari bahasa latin, yakni “Curriculae”, artinya jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari. Kurikulum adalah suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa melakukan berbagai kegiatan belajar, sehingga terjadi perubahan dan perkembangan tingkah laku siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran. Harapannya sekolah menyediakan lingkungan bagi siswa untuk belajar.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat (19) kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum 2013 merupakan serentetan rangkaian penyempurnaan terhadap kurikulum yang telah dirintis 2004 yang berbasis kompetensi lalu diteruskan dengan kurikulum 2006 (KTSP). Jadi perubahan kurikulum pendidikan suatu tuntutan yang mau tidak mau harus tetap dilakukan. Kurikulum 2013 diluncurkan secara resmi pada tanggal 15 juli 2013. Pemberlakuan kurikulum 2013 yaitu pada tahun ajaran 2013-2014 pada sekolah yang ditunjuk pemerintah, maupun sekolah yang siap melaksanakannya. Meskipun masih prematur, namun ada beberapa hal yang dirasakan oleh banyak kalangan terutama yang langsung berhadapan dengan kurikulum itu.

Baca juga:  Menjadikan Kelas Menyenangkan di Masa PTM Terbatas

Urgensi pemberlakuan kurikulum 2013 adalah: 1) Butuh penekanan agar materi pelajaran sesuai dengan tahap perkembangan siswa, 2) Perlunya pembelajaran yang mampu mengembangkan kreativitas siswa, 3) Masih sangat diperlukannya pendidikan karakter. Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan maka guru kelas V SDN 2 Candiroto berusaha memahami keunggulan dan kelemahan Kurikulum 2013.

Keunggulan Kurikulum 2013 adalah: a) Siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif, dan inovatif dalam setiap pemecahanmasalah yang mereka hadapi di sekolah, b) Adanya penilaian dari semua aspek meliputi nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain, c) Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua program studi, d) Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan pendidikan nasional, e) Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan, f) Kurikulum ini sangat tanggap dengan fenomena dan perubahan social, g) Standar penilaian mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi seperti sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara proporsional, h) Mengharuskan adanya remidiasi secara berkala, i) Sifat pembelajaran sangat kontekstual, j) Buku dan kelengkapan dokumen disiapkan lengkap oleh pemerintah.

Baca juga:  Google Sites Alternatif Media Pembelajaran yang Menarik

Kelemahan Kurikulum 2013 adalah: a) Guru banyak salah paham, karena beranggapan dengan kurikulum 2013 guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru, b) Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013 ini, c) Kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan Scientific, d) Kurangnya keterampilan guru merancang RPP, e) Guru tidak banyak yang menguasai penilaian autentik, f) Terlalu banyak materi yang dikuasai siswa) g) Beban belajar siswa dan termasuk guru terlalu berat, sehingga waktu belajar di sekolah terlalu lama.

Setelah guru kelas VI SDN 2 Candiroto Kendal memahami tentang kelemahan dan kelebihan kurikulum 2013, maka guru kelas V lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran tentang tematik. Sedangkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan materi dapat diterima lebih mudah. (pgn1/ton)

Baca juga:  Self Regulation Meningkatkatkan Motivasi Belajar Siswa

Guru SDN 2 Candiroto Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya