alexametrics

Memberdayakan KKG sebagai Rumah bagi Guru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKERJAAN yang dilakukan guru merupakan pekerjaan profesional yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, tetapi memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang diperoleh melalui pendidikan profesi yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu. Dalam Undang-Undang 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Dalam menjalankan tugasnya guru harus memiliki kompetensi. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Dengan memiliki keempat kompetensi tersebut, diharapkan guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya. Mulyasa (2006:35) mengemukakan bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah dan sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Untuk itu menjadi sangat penting adanya Kelompok Kerja Guru (KKG) yang berfungsi sebagai forum untuk membantu guru dalam pengembangan diri dan memecahkan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan tugasnya.

Baca juga:  Simulasi Interaktif Keseimbangan Tuas dengan PhET

KKG yang ada saat ini belum semuanya efektif membantu guru dalam mengembangkan diri, masih banyak KKG yang hanya sebagai tempat kumpul-kumpul guru, yang dibiarkan berjalan begitu saja tanpa perencanaan dan dukungan yang memadai. Dalam upaya mengefektifkan KKG, penulis mencoba melaksanakan diseminasi hasil pelatihan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation tentang Revitalisasi KKG kepada KKG MI di Kecamatan Patebon, karena disamping sebagai pengawas di kecamatan Patebon, penulis juga merupakan Fasilitator Daerah (Fasda) MBS Tanoto Foundation. KKG MI kecamatan Patebon memiliki anggota 52 guru, yang berasal dari 7 (tujuh) MI se-kecamatan Patebon.

Dalam revitalisasi KKG, upaya yang dilakukan adalah memberdayakan KKG sebagai rumah bagi guru. Ibarat rumah, maka KKG harus dapat berfungsi sebagai tempat berkumpul semua anggota, tempat berdiskusi, bermusyawarah, beradu ide/gagasan, berbagi pengalaman, memacahkan masalah, mencari solusi permasalahan, bahkan untuk bersenang-senang, dan apa saja yang terkait dengan permasalahan tugas guru dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru. Dengan demikian ketika guru mengalami masalah terkait dengan bidang tugasnya, guru akan mencari KKG sebagai tempat untuk kembali pulang.

Baca juga:  Serunya Belajar Jenis Sudut dengan Media Sarung Tangan

Pemberdayaan KKG yang penulis dilakukan antara lain, 1) perencanaan berbasis kebutuhan guru; hal ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi hal-hal yang dibutuhkan guru berdasarkan masukan dari guru. 2) Komitmen yang kuat dari guru untuk aktif dan belajar bersama di KKG. 3) Kerja keras dari pengurus KKG yang punya waktu untuk menggerakkan dan memfasilitasi kegiatan KKG. 4) Dukungan kepala sekolah, yang berupa dukungan anggaran biaya oleh sekolah dan fasilitas kesempatan mengikuti pelatihan. 5) Pendampingan dari pengawas dan instansi terkait sesuai dengan perannya dalam menjadikan KKG sebagai forum yang bermanfaat untuk pengembangan profesi guru; hal ini dapat berupa pendampingan terkait tugas guru, ketersediaan nara sumber dalam kegiatan KKG, hingga supervisi dan evaluasi. Kehadiran/keikutsertaan kepala sekolah dan pengawas dalam kegiatan KKG akan menjadi suport tersendiri bagi guru, hal ini dapat diwujudkan dalam bentuk monitoring kegiatan KKG dan keterlibatan kepala sekolah maupun pengawas dalam perencanaan program KKG.

Baca juga:  KKG Tingkatkan Profesional Guru PAI di Kabupaten Kulon Progo

Dalam kegiatan KKG juga dapat diadakan acara nonakademis, seperti arisan dan makan bersama agar semua guru merasa senang untuk hadir di KKG. Kegiatan tersebut bisa menghindarkan guru dari kebosanan dan kejenuhan. Dengan demikian harapan memberdayakan KKG sebagai rumah bagi guru dapat terealisasi, Baiti Jannati, Rumahku Adalah Surgaku. (pgn2)

Pengawas RA/MI Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya