alexametrics

Belajar Siklus Biogeokimia Mudah dengan Media Flip Chart

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENDENGAR istilah siklus Biogeokimia sebagian besar peserta didik sudah merasa bakal menerima materi yang rumit dan membosankan, sehingga ada perasaan malas atau enggan mengikuti pembelajaran. Keadaan psikis seperti ini tentunya akan sangat menghambat proses penerimaan materi yang akan disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah.

Menghadapi situasi seperti ini seorang pendidik harus segera tanggap dan mencari solusi terbaik karena upaya perbaikan proses pembelajaran merupakan tanggung jawab seorang pendidik. Seorang pendidik harus selalu berusaha memperbaiki pembelajaran dengan memperhatikan situasi pembelajaran dengan kondisi psikis peserta didik agar pembelajaran menjadi asyik dan menyenangkan. Pemilihan strategi dan media pembelajaran yang sesuai dapat mengembangkan seluruh potensi yang terdapat pada siswa secara optimal. Seperti yang diterapkan di MAN Kendal.

Pada pokok bahasan siklus Biogeokimia siswa dituntut untuk memahami keterkaitan antara suatu kejadian/ materi/ senyawa yang terdapat di alam ini secara berurutan dan berkesinambungan sehingga mereka harus tertarik dulu untuk bisa masuk ke topik secara mendalam. Penggunaan media flip chart ini bertujuan untuk merangsang siswa agar dapat menangkap pesan dari guru yang diberikan secara simbolis.

Baca juga:  Mengenal Lingkungan Alam Sekitarnya

Flip chart adalah lembaran- lembaran kertas yang disatukan menggunakan benda khusus (penjepit, spiral) sehingga menyerupai album atau kalender. Lembaran- lembaran kertas inilah yang akan diisi dengan informasi- informasi atau pesan- pesan yang berupa simbol- simbol yang dicantumkan dalam bentuk visual. Simbol- simbol tersebut dapat berupa gambar, teks atau bagan yang terbuat dari kertas plano berwarna cerah. Kertas tersebut disusun menyerupai album atau kalender yang diikat bagian atasnya sehingga mudah dibalik jika pesan pada lembar depan sudah ditampilkan digantikan dengan lembar berikutnya. Untuk menghemat waktu sebaiknya perancangan flip chart dilakukan di luar jam pelajaran. Agar proses pembelajaran ini nantinya memberikan bekas mendalam didalam pikiran siswa maka dalam proses penyusunan flip chart ini siswa harus dilibatkan secara penuh untuk menuangkan ide-ide kreatif dan imajinasi mereka. Keterlibatan mereka bisa secara kelompok atau individual. Pesan- pesan pembelajaran yang akan disajikan harus ringkas dan hanya mencakup pokok- pokoknya saja. Disinilah salah satu letak kelebihan media flip chart, karena sebelum pembuatan yang bersangkutan harus berusaha memahami isi materi untuk dapat menyusun materi pokok dalam bentuk simbol- simbol yang dikehendaki.

Baca juga:  Pandai Berbicara Makanan Tradisional Jawa dengan Menjadi Youtuber

Meskipun hanya materi pokok yang tertuang pada flip chart, tetapi pada saat menyampaikan materi pokok tersebut pendidik harus berusaha merangsang siswa agar tertarik untuk menanyakan atau menanggapi materi tersebut sehingga proses pembelajaran berjalan dua arah dan semua potensi siswa dapat tergali secara optimal. Untuk lebih mengoptimalkan hasil capaian, sebelum proses pembelajaran di akhiri , guru menunjuk salah satu atau beberapa siswa untuk menjelaskan kembali materi siklus biogeokimia melalui flip chart yang sudah mereka buat di luar jam pelajaran. Dan berdasarkan pengalaman selama ini, penggunaan media flip chart sangat membantu dalam mengoptimalkan proses penggalian potensi siswa.
Tergalinya seluruh potensi siswa inilah yang menjadi tujuan penggunaan media flip chart.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Bahaya Narkoba dengan Metode Examples Non-Examples

Ketika seluruh potensi siswa tergali maka secara otomatis target pencapaian tujuan pembelajaran juga tercapai yang dibuktikan dengan peningkatan hasil evaluasi peserta didik secara klasikal. (pgn2/zal)

Guru Biologi MAN Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya