alexametrics

Dengan Google Classroom Spada Asyik Belajar Matematika

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, AKHIR-akhir ini dihebohkan dengan pemberitaan tentang penyebaran virus korona. Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut pemerintah melalui Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Oleh karena itu, pendidik berkewajiban untuk tetap dapat memberikan pembelajaran selama siswa belajar di rumah yaitu dengan menggunakan Sistem Pembelajaran Daring (Spada).

Adapun kendala yang dihadapi penulis dalam menjalankan Spada yaitu beberapa siswa belum memiliki fasilitas untuk mengakses secara online ketika pendidik memberikan tugas lewat LMS yang digunakan pada saat pembelajaran daring dimulai. Oleh karena itu, pendidik perlu berinovasi supaya pembelajaran daring tetap dapat dilaksanakan secara berkesinambungan selama peserta didik belajar di rumah.

Untuk mendukung Spada ini, pendidik menggunakan salah satu LMS yang pendidik anggap familiar dan mudah digunakan baik oleh pendidik maupun peserta didik. Menurut Ryan K.Ellis dalam buku A Field Guide to Learning Management System (2009 :1), “Learning Managemet System, the basic description is a software application that automates the administration, tracking, and reporting of training events.” Ryan K.Ellis menjelaskan bahwa LMS adalah sebuah perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, pencarian materi, laporan sebuah kegiatan, pemberian materi-materi pelatihan kegiatan belajar mengajar secara online yang terhubung ke internet.

Baca juga:  Pembelajaran Talking Stick Jadikan Siswa Kritis

Menurut penulis, LMS yang paling mudah dan tepat digunakan saat ini yaitu google classroom. Karena saat ini, sudah hadir versi aplikasi seluler, mengingat anak zaman now kebanyakan sudah memiliki seluler.

Tujuan pembelajaran dengan menggunakan LMS khususnya google classroom yaitu selain memudahkan peserta didik dalam memperoleh materi, bermanfaat juga untuk penugasan dan diskusi tentang materi maupun soal-soal karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Sebab sudah tersedia versi seluler selama pendidik dan peserta didik memiliki jaringan dan kuota internet.

Langkah-langkah pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom ini yaitu, pertama, peserta didik men-download aplikasi google classroom melalui Play Store. Kedua, siswa bergabung sesuai kelasnya masing-masing dengan cara kli tanda plus (+) pada pojok kanan atas dengan memilih join class. Ketiga, peserta didik memasukkan kode kelas yang diberikan oleh pendidik yang akan otomatis masuk ke kelas yang dimaksud. Keempat, pendidik mengunggah materi di google classroom melalui tugas kelas pilih buat kemudian pilih jenis tugasnya materi, tugas, tugas kuis atau pertanyaan yang biasanya dipadukan dengan google form, google slide, google doc dan youtube. Kelima, pendidik tinggal menempelkan file atau link setelah itu klik posting jika berupa materi. Akan tetapi jika berupa tugas, tugas kuis, pertanyaan maupun tes, klik ditugaskan. Keenam, melalui fitur stream pendidik memberikan informasi jika materi atau tugas telah diposting, selanjutnya peserta didik mengerjakan tugas sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Ketujuh, pendidik mengoreksi pekerjaan peserta didik kemudian menilainya. Kedelapan, pendidik menginformasikan tugas yang sudah dinilai ke peserta didik. Kesembilan, bersama-sama antara pendidik dan peserta didik menarik kesimpulan seluruh materi dan tugas yang telah diberikan melalui aplikasi.

Baca juga:  Meningkatkan Semangat Belajar Matematika Anak dengan PiPi

Setelah pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring, peserta didik merasa bahwa belajar dengan Spada menggunakan aplikasi google classroom menjadi lebih asyik dan bermakna karena dapat dipadukan dengan model atau metode apapun. Teknik pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom ini diterapkan pada kelas VIII semester 2 di MTs Miftahul Ulum Jragung Karangawen Demak tahun pelajaran 2019/2020. (gml2/ida)

Guru Matematika MTs Miftahul Ulum Jragung Karangawen Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya