alexametrics

Dengan Discovery Learning, Mudah Belajar Suhu dan Pemuaian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATERI pelajaran suhu dan pemuaian merupakan salah satu materi yang oleh peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Semarang, dianggap sebagai salah satu materi yang sulit dipahami dan banyak peserta didik yang kurang tertarik terhadap Ilmu Pengetahuan Alam itu sendiri, hal ini terungkap dari hasil observasi yang dilaksanakan di kelas tersebut minat dan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Minat belajar yang dimaksud meliputi antusiasme, rasa ingin tahu, partisipasi, dan keaktifan terutama dalam hal bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru. Peserta didik cenderung pasif, belum memiliki minat belajar yang berdampak pada hasil belajar.

Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi bila individu terlibat terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan, dan inferensi. Dalam model pembelajaran discovery learning guru bertugas untuk membimbing dan mengarahkan para siswa untuk dapat belajar dan berpikir secara kreatif. Caranya adalah guru hanya menyampaikan materi secara garis besar dan selanjutnya para siswa ditntut untuk mencari informasi sebanyak mungkin, membandingkan, mengkategrikan, menganalisis, mengintegrasikan dan membuat kesimpulan.Langkah kerja (sintak) model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery Learning) adalah:1)Pemberian rangsangan (stimulation); 2)Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement); 3)Pengumpulan data (data collection); 4)Pengolahan data (data processing);. 5)Pembuktian (verification); dan 6)Menarik simpulan/generalisasi (generalization).

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Discovery Learning Berbantuan LKPD Interaktif

Model pembelajaran Discovery Learning, peserta didik dibagi dalam 8 kelompok, setiap kelompok menerima Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), pemberian rangsangan dengan mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru, identifikasi masalah memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, pengumpulan data melakukan praktikum menentukan suhu air dengan menggunakan indra (kulit), pengolahan data dengan mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan praktikum dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. Pembuktian dengan berdiskusi tentang Pengertian Suhu dan Termometer yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan praktikum sebelumnya, menarik simpulan dengan menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok.

Baca juga:  Asyiknya Belajar IPS dengan Outing Class

Materi Suhu atau temperatur adalah derajat atau tingkat panas dinginnya suatu keadaan. Suhu termasuk satuan pokok dalam SI satuan suhu adalah Kelvin (oK), tetapi di Indonesia besaran suhu yang sering digunakan adalah Celcius (oC). Suhu zat dapat diukur dengan menggunakan alat bernama termometer, yaitu termometer celcius, termometer reamur, termometer kelvin dan termometer fahrenheit. Untuk menentukan sistem skala suhu digunakan titik acuan bawah dan titik acuan atas.titik acuan bawah yaitu titik lebur es pada tekanan 1 atm, sedangkan titik acuan atas adalah suhu titik didih air pada tekanan 1 atm.

Dengan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning seperti yang diterapkan di SMPN 34 Semarang, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mentrasfer pengetahuan, lebih aktif pada saat mengikuti proses pembelajaran,berfikir kritis, juga akan melatih kemampuan peserta didik untuk memecahkan suatu permasalahan, mencari jalan keluar atau solusi dari permasalah tersebut dan mencari cara agar masalah yang sama tidak terjadi lagi diwaktu yang akan datang. (gml2/zal)

Baca juga:  Belajar Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Lebih Mudah dengan Video

Guru SMPN 34 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya