alexametrics

Perkuat Kepengawasan Kinerja Guru PAI dan BP secara Daring

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, APARATUR sipil negara (ASN) di Kabupaten Kendal diharuskan menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah/tempat tinggalnya (work from home). Kebijakan ini sejak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus korona (Covid-19) di sekolah dan SE Gubernur Jateng nomor 965/932 tanggal 17 Maret 2020 perihal petunjuk teknis Sistem Kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Kendal juga menerbitkan SE nomor 800/0123/2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan Instansi Pemerintah Kabupaten Kendal.

Khusus untuk guru, pada poin E.1.d disebutkan bahwa guru yang melaksanakan tugas kedinasan di rumah, tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai pemandu dan fasilitator pembelajaran bagi peserta didik di rumah. Dampak bagi guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) dengan terbitnya SE tersebut, guru PAI dan BP harus memiliki ide kreatif dan inovatif untuk mendukung kebijakan tersebut. Kebiasaan mengajar tatap muka di kelas, diubah menjadi pembelajaran jarak jauh antara guru dan peserta didik di rumah masing-masing.

Baca juga:  Tangkal Radikalisme, Guru Diminta Kolaborasi dengan Siswa

Satu keniscayaan bahwa guru dituntut menguasai teknologi informasi untuk memandu sekaligus fasilitator bagi peserta didik melalui atau dalam jaringan. Sementara, dari sisi proses pembelajaran di era digital, masih terkendala lemahnya kemampuan guru dalam penguasaan media pembelajaran. Selain itu, pengawasan guru PAI dan BP dalam memandu dan memfasilitasi peserta didik belajar di rumah juga mengalami kendala yang berarti.

Sejalan dengan tugas pokok Pengawas Guru PAI dan BP di Kecamatan Ringinarum, implementasi kepengawasan di tengah pandemi Covid-19 berupa bimbingan, pembinaan, unjuk kerja, dan monitoring harus tetap berjalan. Merealisasikannya membutuhkan kreativitas dan kemampuan yang mendalam, terutama dalam penguasaan teknologi informasi seperti memanfaatkan media online (Daring) Google Classroom. Pada awalnya, Google Classroom sebagai salah satu platform belajar daring (online), menyusul diberlakukannya WFH akibat pandemi virus Covid-19. Akses ke Platform ini sangat mudah, tinggal mengakses aplikasi Google Classroom. Google Classroom lebih sederhana dan mudah untuk digunakan. Guru tidak lagi harus men-download materi bimbingan, pembinaan, atau tugas unjuk kerja yang diberikan Pengawas. Pengawas pun tinggal membuat dan mendistribusikan dokumen untuk guru BP dan PAI di wilayah binaannya secara online.

Baca juga:  Praktik Buat Donat, Belajar Bioteknologi Makin Asyik

Dalam Google Classroom, Pengawas dan Guru PAI dan BP dapat berinteraksi berupa bimbingan, pembinaan, unjuk kerja, dan monitoring secara daring menjadi lebih produktif. Platform dapat dimaksimalkan manfaatnya sehingga sangat dimungkinkan antara Pengawas dan Guru PAI dan BP melakukan kolaborasi online yang efisien. Pengawas dapat mengirimkan pemberitahuan ke guru binaan untuk memulai diskusi online atau memberitahu mereka tentang kegiatan kepengawasan online tertentu.

Di sisi lain, Guru PAI dan BP (binaan) memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada sesama guru binaan dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom. Dengan demikian, jika mereka membutuhkan bantuan karena kesulitan memahami suatu tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu. Mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari sesama guru binaan virtual. Fasilitator online atau pengawas memiliki kekuatan untuk berbagi informasi dan sumber daya online dengan guru binaan secara langsung. (pgn2/ida)

Baca juga:  Dengan Tabel, Belajar Matematika Jadi Enjoy

Pengawas Pendidikan Agama Islam Korwil Cam Biddik Kecamatan Ringinarum

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya