alexametrics

Gerakan Literasi Sekolah Tingkatkan Minat Baca Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PESERTA didik yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) merupakan usia emas, sehingga penting dalam menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur. Salah satunya dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Guru memiliki peran penting dalam merangsang siswa untuk belajar. Dengan demikian, dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus menggunakan pendekatan yang komprehensif serta progresif agar bisa memotivasi rasa ingin tahu peserta didik dan memicu mereka untuk berpikir kritis. Hal ini sesuai dengan pendapat Anderson (2001:29) bahwa kegiatan literasi dapat mengembangkan kemampuan memahami bacaan dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi, berpikir kritis, dan mengolah kemampuan komunikasi secara kreatif.

Membaca merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam hidup. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Dengan kemampuan membaca yang membudaya pada setiap siswa, maka tingkat keberhasilan di sekolah maupun dalam kehidupan di masyarakat akan membuka peluang kesuksesan hidup yang lebih baik.

Baca juga:  Keliling Kampung untuk Tumbuhkan Minat Baca

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) melalui Peraturan Menteri nomor 23 tahun 2015 meluncurkan GLS untuk menumbuhkan sikap budi pekerti luhur kepada anak-anak melalui bahasa. Menyadari akan manfaat dari GLS, penulis juga menerapkannya di SD Negeri 2 Pegulon tempat penulis mengajar. Salah satu kegiatan di dalam gerakan ini adalah siswa melaksanakan pembiasaan membaca sebelum pelajaran dimulai selama 15 menit. Materi baca dapat berisi nilai-nilai budi pekerti berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan siswa. GLS ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca siswa serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai dan menjadi lebih baik.

Pengertian minat baca menurut Lilawati (dalam Sandjaya, 2005:37) adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat menggerakkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri. Sedangkan pengertian membaca menurut penulis adalah suatu aktivitas yang dilakukan dengan penuh kesenangan dan ketekunan guna menemukan makna tulisan dan mendapatkan informasi dari buku yang dibaca.

Baca juga:  Genjot Minat Baca, Bagikan 1.000 Buku

Untuk meningkatkan minat baca di SD Negeri 2 Pegulon guru beserta paguyuban wali peserta didik menyediakan tempat yang nyaman dan menarik untuk membaca di kelas dengan cara membuat pojok baca di setiap kelas. Kerjasama yang kompak antara guru dan paguyuban wali peserta didik dalam berkreasi menata pojok baca dan menyediakan berbagai macam buku bacaan sangat membantu memperlancar proses GLS.

Setiap pagi sebelum pelajaran di mulai peserta didik sudah terbiasa membaca buku. Mereka memilih buku yang disukai. Setelah membaca buku, mereka menulis judul buku dan halaman yang dibacanya hari itu di kartu kendali literasinya, sehingga hari berikutnya masih bisa dilanjutkan lagi sampai selesai. Apabila peserta didik sudah menyelesaikan satu buku bacaan, mereka mengambil kertas yang berbentuk daun lalu menulis namanya dan judul buku yang telah selesai dibacanya, kemudian ditempel pada pohon literasi yang ada pada di dinding kelas. Semakin banyak peserta didik yang menyelesaikan bacaan, semakin rindang pohon literasi yang ada di kelas tersebut.

Baca juga:  Talking Stick Tingkatkan Minat Belajar PPKn

Melalui GLS yang menjadi pembiasaan membaca setiap pagi hari sebelum pelajaran, minat baca siswa semakin meningkat. Tidak hanya pada pagi hari, di saat ada waktu luang pun mereka memanfaatkannya untuk membaca buku. Apalagi dengan adanya pohon literasi, mereka berlomba-lomba menyelesaikan bacaan pada buku yang dibaca untuk bisa menulis namanya pada daun dan ditempel pada pohon tersebut. Dengan meningkatnya minat baca, tentu akan memperkaya pengetahuan peserta didik, sehingga dapat meningkatkan nilai pengetahuan dan keterampilan. (pgn2/ida)

Guru SD Negeri 2 Pegulon Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya