alexametrics

Metode Estafet Writing Tingkatkan Minat Menulis Recount Text

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEBAGIAN besar peserta didik menganggap bahwa grammar bahasa Inggris adalah elemen berbahasa yang sulit untuk dipelajari. Namun, pembelajaran grammar tidak dapat dihindari karena merupakan elemen dasar yang dipergunakan di dalam setiap keterampilan berbahasa Inggris, baik Speaking, Writing, Reading, atau Listening.

Di dalam pembelajaran bahasa Inggris ada beberapa materi yang harus dikuasai oleh peserta didik tingkat SMA, seperti teks fungsional pendek, percakapan interpersonal, dan teks yang berbentuk narrative, recount, report, prosedure, news item, hortatory exposition, analytical exposition, explanation, discussion, and review (genre based approach). Salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa kelas X adalah berbentuk recount text.

Sebagaimana tercantum di dalam standar isi, tentang kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa tingkat SMA dalam menulis adalah mampu mengungkapkan berbagai makna (interpersonal) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog yang berbentuk narrative, report, recount, dan lainnya pada umumnya. Khususnya siswa diharapkan mampu membuat teks singkat yang berbentuk recount.

Baca juga:  Materi Recount Text dengan STAD dalam Kurikulum Merdeka

Namun kenyataannya, bagi penulis yang seorang guru bahasa Inggris masih banyak menemukan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 6 Semarang dalam menulis. Khususnya teks yang berbentuk recount sangatlah rendah. Sebagian siswa belum mampu membuat teks singkat yang berbentuk recount, yang dapat dilihat dari hasilnya, banyak kelemahan yang perlu diperhatikan. Pertama, masih banyak tulisan siswa yang tidak menggunakan past tense. Kedua, sebagian siswa meminta guru untuk menerjemahkan kata yang ditulisnya.

Ketiga, menuliskan teks secara lengkap dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru kemudian diterjemahkan. Keempat, menggunakan bahasa terjemahan dari Alfa-Link/Google Translate atau program terjemahan secara elektronik. Kelima, penguasaan kosakata tidak memadai untuk mampu membuat sebuah teks yang bagus. Keenam, waktu 60 menit tidak cukup untuk membuat suatu tulisan yang memuat unsur-unsur orientation, events, dan reorientation.

Baca juga:  Belajar Teks Prosedur Lebih Mudah dengan Media Gambar

Sejauh ini menulis dalam bahasa Inggris selalu dianggap sebuah keterampilan berbahasa yang cukup kompleks. Kemungkinan rendahnya kemampuan menulis siswa dalam teks yang berbentuk recount disebabkan oleh beberapa hal, 1) motivasi siswa yang rendah, 2) metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, 3) rendahnya penguasaan tata bahasa Inggris, dan 4) frekuensi latihan yang tidak cukup. Atas kelemahan itu, penulis menggunakan metode estafet writing atau menulis berantai yang dipandang cocok untuk memperbaiki pembelajaran menulis teks recount. Estafet writing adalah merupakan metode pembelajaran learning by doing atau active learning yang melibatkan peserta didik secara aktif menulis karangan narasi dengan cara bersama-sama atau berantai (Cahyono, 2011).

Baca juga:  Meningkatkan Minat Menulis dalam Bahasa Inggris melalui Gambar dan Vocabularies

Berawal dari penulis menuliskan tema di papan tulis, kemudian tugas siswa di kelas adalah menulis satu kalimat yang sesuai dengan tema tersebut berdasarkan tempat duduk paling depan dan berakhir pada siswa yang duduk di urutan paling belakang. Hasil dari karangan siswa tersebut, penulis bahas satu persatu, terutama dari penggunaan grammar-nya. Dengan cara metode Estafet Writing ini, siswa bisa mengekspresikan imajinasi mereka melalui tulisan-tulisan imajinatif yang dihasilkan bersama teman-teman sekelasnya.

Kegiatan pembelajaran menulis dengan menggunakan metode estafet writing ini dapat menghasilkan sebuah produk, berupa sebuah tulisan karangan sederhana.

Hasil pembelajaran dengan menggunakan Estafet Writing ini ternyata dapat meningkatkan aktifitas, kreativitas, dan semangat belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. (gml1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 6 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya