alexametrics

Index Card Match Berbantu Puzzle Tumbuhkan Motivasi Belajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, JIWA dalam pembelajaran adalah semangat. Belajar tanpa semangat terasa sangat membosankan dan sulit untuk mencapai tujuan yang sesuai harapan.

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII pada sekolah penulis di SMPN 3 Pegandon, Kendal, khususnya pada materi kosa kata (vocabulary) yang selama ini belum mencapai peningkatan hasil belajar seperti yang diharapkan. Menurut penulis hal ini terjadi karena minat dan motivasi belajar peserta didik masih sangat rendah.

Dengan kondisi tersebut guru perlu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memilih metode pembelajaran yang tepat, sehingga mampu menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.

Pengertian motivasi itu sendiri menurut para ahli adalah keadaan di dalam diri seseorang yang mendorong individu tersebut untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai tujuan yang diinginkan (Surya Brata, 1984 : 32).

Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar ada empat cara menurut Imran (2000:107), mengoptimalkan prinsip belajar, mengoptimalkan unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran dan memanfaatkan kemampuan yang telah dimiliki dalam belajar, serta mengembangkan cita-cita dalam belajar.

Baca juga:  Pohon Pintar Tingkatkan Motivasi Belajar PJOK

Untuk mengatasi kendala tersebut, penulis mencoba menerapkan Metode Index Card Match Berbantu Puzzle ( mencari pasangan kartu berbantu kotak teka teki silang ). Pada pembelajaran Bahasa Inggris, metode ini di gunakan penulis dalam materi vocabulary dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Menurut Silbermean ( 2002 : 232 ), strategi indek card match adalah cara pembelajaran yang menyenangkan lagi aktif untuk meninjau ulang materi pembelajaran. Metode Index Card Match ( mencari pasangan kartu ) cukup menyenangkan di gunakan untuk mengulangi materi pembelajaran yang telah di berikan. Adapun langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut : 1. Sebelum memulai pembelajaran, guru menyiapkan kartu Index sebanyak jumlah peserta didik yang ada di dalam kelas. 2. Bagilah kartu-kartu tersebut menjadi dua bagian yang sama. 3. Tulislah pertanyaan tentang materi yang akan di ajarkan pada setengah dari jumlah kartu ( separuh bagian kartu ) setiap kartu berisi satu pertanyaan dan diberi kode mendatar / menurun. 4. Pada separuh kartu yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat dan diberi kode mendatar / menurun. 5. Campurkan kartu pertanyaan dan kartu jawaban. 6. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan berpasangan ini. Setiap peserta didik diberi satu kartu. Setengah dari jumlah peserta didik akan mendapatkan soal dan setengah yang lain akan mendapatkan jawaban. 7. Guru meminta peserta didik untuk menemukan pasangan kartunya dan peserta didik yang sudah menemukan kartu pasangannya duduk berdekatan. 8. Setiap pasangan secara bergantian membacakan soal dan jawaban di depan kelas

Baca juga:  Game Word Search Flora Fauna Indonesia Dongkrak Motivasi Belajar IPS

Setelah semua pasangan presentasi didepan kelas,guru memberikan klarifikasi dan kesimpulan. Selanjutnya masing-masing pasangan menulis jawaban ke dalam puzzle yang sudah disiapkan oleh guru secara bergantian dan diakhiri dengan applause ( tepuk tangan ) bersama-sama.

Dengan Strategi Index Card Match Berbantu Puzzle guru dapat mengetahui sejauhmana ketertarikan, keaktifan dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti serangkaian aktivitas pembelajaran.

Penggunaan Strategi Index Card Match Berbantu Puzzle pada peserta didik kelas VII Semester Genap SMPN 3 Pegandon, Kendal terbukti dapat tumbuhkan motivasi belajar Bahasa Inggris khususnya dalam materi vocabulary ( kosa kata ) dan berimbas pada peningkatan hasil belajar peserta didik. (ikd2/zal)

Guru Bahasa Inggris, SMPN 3 Pegandon, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya