alexametrics

Tingkatkan Keterampilan Siswa Melaporkan Berita melalui BAR ATM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu materi pelajaran bahasa Inggris adalah teks news item. Apa itu teks news item? News Item is a text that informs the readers about newsworthy or important events of the day (teks yang menginformasikan pembaca tentang peristiwa sehari-hari yang layak diberitakan). Tujuan teks news item bisa diketahui dari penjelasan berikut ini, The purpose of news item text is to inform the readers about newsworthy or important events of the day. Jadi tujuannya adalah untuk memberikan informasi pembaca tentang peristiwa sehari-hari yang layak diberitakan atau dengan kata lain berita yang penting.

Struktur teks dari teks news item yang pertama, adalah Newsworthy Event. The summary of the news, bagian awal yang menceritakan ringkasan dari suatu kejadian atau peristiwa penting yang terjadi, pengenalan tentang apa yang terjadi. Kejadian apa yang sedang diberitakan, dimana dan kapan. Kedua disebut Background Events/Elaboration. The elaboration of the news. Menyebutkan beberapa peristiwa yang melatarbelakangi kejadian yang disebutkan dalam paragraf pertama. Bagaimana dan mengapa peristiwa itu terjadi. Ini dalam rangka mendukung penjelasan paragraf pertama. Menceritakan secara rinci latar belakang kejadian atau peristiwa, siapa yang terlibat, dimana dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Ketiga, Sources. It can be from the participants, witness, and the authority. Bagian terakhir dari struktur teks news item merupakan sumber berita bisa berupa pernyataan narasumber, komentar saksi, pendapat para ahli atau pernyataan dari pihak terkait dari suatu peristiwa. Kutipan yang bisa dijadikan sebagai sumber berita. Dalam teks news item ada ciri-ciri kebahasaan, yaitu informasi singkat tertuang dalam headline, memfokuskan pada kejadian, menggunakan action verbs atau material process (misalnya eat, drink, grow, jump, run), menggunakan verbal process (misalnya say, tell, speak).

Baca juga:  Supervisi Tingkatkan Profesionalisme Guru

Keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa adalah dapat menyusun teks news item. Dalam hal ini, siswa ditunjukkan cara melaporkan suatu berita yang telah dibuat dengan tema tertentu. Yakni, setelah struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan dipelajari, siswa dapat menyusun berita. Di sini, siswa diminta menjadi reporter yang melaporkan berita. Namun siswa diberi contoh untuk menjadi seorang repoter atau Being A Reporter (BAR). Dalam hal ini, siswa diajak melihat tayangan video untuk melihat bagaimana seorang reporter melaporkan berita dengan tema tertentu dari tempat kejadian.

Guru mengajak siswa mengamati, kemudian meniru dan memodifikasi atau mengamati, tiru, modifikasi (ATM) sesuai dengan berita yang akan dilaporkan. Pelaporan berita diawali dengan opening, menyampaikan berita dan ditutup dengan closing. Siswa diberi beberapa contoh bagaimana membuka dan menutup suatu pelaporan berita dari beberapa video referensi. Dari video itu dibahas bersama dari awal hingga akhir, bagaimana melaporkan berita. Siswa diajak mempelajari pronunciation atau pelafalan kata dalam bahasa Inggris dengan benar. Di samping isi berita sudah tersusun sesuai dengan struktur teks news item, siswa harus berlatih bagaimana mengawali, menyampaikan berita dan menutup pelaporan. Kegiatan ini dikerjakan secara berkelompok agar bisa saling mengoreksi, saling membantu untuk melafalkan kata dengan benar, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:  Komik Bervisi Etis untuk Belajar IPA

Kegiatan ini sudah dikerjakan oleh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kendal. Materi teks news item diajarkan di kelas XII semester ganjil. Kebanyakan siswa memilih tema sekolah adiwiyata, permasalahan sampah di Kabupaten Kendal, kemacetan lalu lintas, tempat wisata di Kendal, wisata kuliner dan lainnya. Hasilnya cukup membanggakan meskipun ada beberapa catatan seperti pronunciation/pelafalan yang harus dibetulkan, masih kaku, dan terkesan hanya membaca teks.

Namun kesempatan menjadi reporter, ternyata memberikan pengalaman yang luar biasa memotivasi siswa dan meningkatkan rasa percaya diri untuk terus belajar. Tidak hanya belajar materi teks news item, namun materi lain dalam bahasa Inggris. (pgn1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMAN 2 Kendal

Baca juga:  Flipped Learning Jurus Jitu PTMT IPS

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya