alexametrics

Pembelajaran Salat Khusyuk melalui Permainan Kartu Undian

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA dasarnya anak-anak kelas 3 SDN 2 Bulugede masih banyak yang kurang memahami dan menghafal terhadap bacaan-bacaan yang ada pada masing-masing gerakan salat. Untuk itu penulis akan membahas masalah ini, untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan salat, agar dapat melaksanakan salat dengan benar dan khusyuk.

Sebagai guru harus bisa memahami seperti apa dunia anak yang tidak lepas dari permainan. Perkembangan bermain anak usia SD menurut Hur lock memasuki tahapan Play Stage/Tahap bermain (Andang Ismail, 2006:40). Bagi anak kegiatan bermain adalah suatu kegiatan yang serius, tetapi mengasyikkan (Conny R Semiawan, 2008:20). Menurut Monks dalam Pitadjeng (2006:95) anak dan permainan merupakan dua pengertian yang hampir tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 menggunakan 3 model pembelajaran utama (Permendikbud nomor 103 tahun 2014) yaitu model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning), dan model Pembelajaran Penyingkapan atau Penemuan (Discovery/Inquiry Learning) atau pada Pembelajaran Hasil Karya (Problem Based Learning dan Project Based Learning).

Baca juga:  Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Geo-Gebra

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi.

Salat menurut syara adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Oleh karena itu, salat merupakan ibadah yang mengatur segala aktivitas, baik itu diperintahkan maupun dilarang Allah SWT. Allah SWT menciptakan manusia untuk beribadah dengan amal kebaikan dan menyembah kepada-Nya. Menyembah disini berarti beribadah dan salah satunya adalah salat.

Khusyuk ialah ketenangan dan kepasrahan terhadap Allah SWT di dalam melaksanakan ibadah, khususnya ibadah salat. Salat hakikinya merupakan komunikasi batin antara hamba dengan Allah SWT. Apabila hubungan batin tidak terbangun, maka salat yang dilakukan sia-sia karena komunikasi batin dengan Allah SWT tidak terjalin. Membangun khusyuk dengan cara konsentrasi, menatap satu titik di tempat sujud, memahami arti bacaan, menghadirkan Allah SWT di dalam hati, dan sebagainya ternyata tidaklah mudah, atau sulit bahkan teramat sulit.

Baca juga:  Pembelajaran Ulul Azmi Rasul dengan Metode Role Playing

Bermain sambil belajar adalah upaya menyampaikan materi belajar kepada anak dengan cara bermain atau dengan cara menyenangkan sehingga tanpa disadari anak memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari proses belajar yang mudah (Andang ismail, 2006:296). Permainan merupakan salah satu metode yang dapat dipilih oleh guru PAI sehingga menarik siswa dan tidak membosankan.

Untuk pelaksanaan pembelajaran anak di kelas 3 SDN 2 Bulugede tentang pelaksanaan salat, penulis menggunakan pembelajaran dengan menggunakan permainan kartu undian. Kartu ini tertulis tentang bacaan-bacaan salat yang disesuaikan dengan gerakan salat. Dengan model pembelajaran seperti ini akan meningkatkan pengetahuan anak tentang bacaan-bacaan di dalam pelaksanaan salat.

Dalam pelaksanaannya, secara bergiliran satu persatu anak disuruh untuk mengambil kartu undian yang ada, kemudian membacakannya di hadapan guru sesuai dengan kartu yang diperoleh. Pembelajaran salat di kelas 3 SDN 2 Bulugede yang dimulai dengan menggunakan kartu undian, kemudian dipraktekkan juga dalam salat berjamaah. Walaupun keterbatasan tempat ibadah salat di SDN 2 Bulugede, guru agama harus punya inisiatif, untuk melaksanakan salat berjamaah di ruangan yang sudah tidak dipakai untuk pembelajaran.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning

Dengan model pembelajaran tersebut, akan lebih terdeteksi anak yang sudah mengetahui dengan yang belum mengetahui. Ternyata dengan sistem pembelajaran tersebut akan memperoleh hasil yang lebih baik. (pgn1/ida)

Guru PAI SDN 2 Bulugede Patebon Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya