alexametrics

Multimedia Interaktif Menambah Semangat Belajar Siswa di Rumah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PRESIDEN Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 di Indonesia dan mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas diluar rumah demi menekan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. Sejak diberlakukannya Social Distancing Jokowi mengimbau kepada pemerintah daerah untuk meliburkan sekolah karena virus corona yang semakin mengkhawatirkan. Hal ini ditindak lanjuti oleh Bupati Kendal yang mengeluarkan Surat Edaran No 360/196/2020 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Epidemi dan Wabah Penyakit Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Kendal.

Sejak tanggal 16 Maret 2020 anak-anak belajar di rumah. Selama masa Social Distancing setiap pagi siswa selalu menanti tugasnya dan menanyakan ke orang tua. Diawal kegiatan anak-anak masih menikmati kegiatan belajar di rumah, lama kelamaan siswa merasakan kejenuhan. Rata-rata mereka kangen akan suasana belajar di sekolah, kangen akan suara guru saat mengajar di kelas, kangen dengan teman-temannya, juga kangen bermain bersama teman saat istirahat.

Baca juga:  Peningkatan Minat Baca Siswa SD melalui Classroom Reading Program

Keadaan inilah yang membuat guru mengembangkan kreatifitas dan potensinya dalam memilih atau membuat multimedia interaktif. Pemilihan multimedia interaktif ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik siswa agar tetap semangat belajar di rumah. Banyak aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring diantaranya melalui WA, google classroom, google form, video alternative, dan sebagainya.

Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi. Pendapat dari Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011) multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video. Sedangkan menurut penulis multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi, dan suara untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi melalui media elektronik.

Baca juga:  Asyiknya Eksperimen Sifat-Sifat Cahaya

Dari kasus kerinduan akan suara guru saat menerangkan pelajaran tersebut, penulis berfikir bagaimana anak-anak tetap bisa mendengarkan suara gurunya saat menerangkan pelajaran meskipun mereka belajar di rumah. Akhirnya penulis membuat multimedia interaktif berupa video pembelajaran dengan suara guru saat menerangkan di kelas.untuk mengatasi masalah tersebut.

Penulis menggunakan multimedia interaktif berupa program Microsoft PowerPoint yang diisi suara seperti saat penulis mengajar di kelas sesuai dengan materi yang disajikan hari itu, kemudian dijadikan video pembelajaran. Mendengar suara guru sedang mengajar, anak-anak menjadi semakin semangat dalam belajar di rumah. Penulis juga menggunakan kuis melalui aplikasi untuk melatih siswa berkompetisi secara sehat. Selain multimedia interaktif tadi, penulis juga membuat video yang berisi rangkaian foto kegiatan siswa.

Baca juga:  Peningkatan Kreativitas dan Sikap Ilmiah Siswa Belajar Hukum Kepler dengan GI

Tanggapan siswa dan orangtua siswa SD Negeri 2 Pegulon tempat penulis mengajar sangat positif terhadap penggunaan multimedia interaktif. Siswa menjadi lebih semangat setiap pagi menantikan suara gurunya dalam video pembelajaran. Selain itu siswa juga bersemangat mengerjakan soal dari kuis yang diberikan guru. Dari multimedia yang penulis buat berupa video pembelajaram, kuis, dan video rangkaian foto-foto kegiatan belajar siswa, ternyata dapat mengurangi kerinduan akan suasana belajar di sekolah serta mengurangi kejenuhan selama belajar di rumah, sehingga dapat menambah semangat siswa saat belajar di rumah selama ini.

Meskipun multimedia interaktif tadi dapat menambah semangat belajar siswa saat masa Social Distancing ini, kita harus tetap berdoa semoga musibah ini cepat berlalu dan kita bisa segera belajar kembali di sekolah seperti biasanya. (pgn1/zal)

Guru SDN 2 Pegulon, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya