alexametrics

Memanfaatkan Alam Sekitar sebagai Sumber Belajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru menuntut agar guru dapat menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. Pembelajaran yang mendidik yaitu pembelajaran yang memenuhi kriteria antara lain melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di sekolah dasar untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh (Anonim,2007:12). Lingkungan belajar banyak berperan dalam meningkatkan semangat belajar anak didik. Tingginya minat anak didik terhadap suatu kegiatan pembelajaran, salah satunya ditentukan oleh faktor lingkungan belajar. Lingkungan belajar yang dimaksud adalah lingkungan kelas dan diluar kelas. Dengan menata dan memanfaatkan lingkungan kelas, hendaknya guru berupaya meningkatkan tampilan kelas yang menarik. Gambar yang memenuhi rasa etika, rasa humor, media seperti audio, video, poster yang sesuai dengan luas ruangan, pengaturan perabot yang tidak mengganggu ruang gerak peserta didik dan sebagainya, merupakan upaya-upaya yang dapat dilakukan guru dalam membuat lingkungan belajar peserta didik menjadi menarik dan membangkitkan semangat belajar.

Baca juga:  Dengan Pop Up Book Belajar Greeting Card Lebih Menyenangkan

Nampaknya lingkungan belajar di luar kelas atau lingkungan alam sekitar sekolah belum banyak dimanfaatkan oleh para guru di SD Negeri 2 Margosari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Mereka masih terbiasa dan sering terfokus pada lingkungan kelas saja. Terkait kenyataan tersebut, penulis tergugah untuk membimbing para guru untuk melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Lingkungan alam sekitar sekolah dan luar sekolah perlu dimanfaatkan sebagai alternative untuk memberikan variasi dalam mengajar. Lingkungan alam ini sangat efektif jika guru mampu memanfaatkannya dengan kreatif. Di samping itu pemanfaatan lingkungan alam sekitar sekolah dapat memperkaya strategi mengajar guru. Peserta didik belajar sambil bermain, oleh karena itu pembelajaran pada peserta didik pada jenjang sekolah dasar masih perlu ada unsur bermain walaupun bobotnya tidak sebesar pendidikan bagi anak usia dini.

Baca juga:  Berinovasi dengan Metode Ceramah

Aktifitas bermain merupakan bagian dari proses pembelajaran, oleh karena itu sesuai dengan karakteristik peserta didik yang bersifat aktif dalam melakukan berbagai eksplorasi terhadap lingkungannya. Untuk itu pembelajaran pada mereka harus dirancang secara khusus dan hati hati agar mereka merasa tidak terbebani dalam mencapai tugas pembelajarannya. Artinya, agar suasana belajar tidak memberikan beban dan membosankan mereka, maka suasana belajar perlu dibuat secara alami, hangat dan menyenangkan. Agar peserta didik menjadi aktif dan kreatif. Kreatif berarti kemampuan seseorang untuk menemukan terobosan yang biasanya tercermin dalam pemecahan masalah dengan cara baru serta unik, berbeda dan lebih baik dari biasanya. Maksudnya, siswa yang kreatif cenderung mempunyai pandangan yang lebih positif terhadap diri sendiri, sehingga mereka akan cenderung merasa senang dalam melaksanakan tugas yang diberikan.

Baca juga:  Memahami Kisah Nabi Yunus. a.s. Lebih Mudah dengan Bermain Peran

Agar belajar dapat diperoleh hasil yang lebih baik, peserta didik harus mau belajar sebaik mungkin. Salah satu cara efektif agar peserta didik mampu belajar dengan baik adalah memperkaya bahan pelajaran yang diterima di sekolah melalui bahan pelajaran yang dilengkapi dengan sumber belajar dari lingkungan alam sekitar sekolah. Dengan pengorganisasian dan pengelolaan yang baik berbagai sumber belajar tersebut diharapkan minat dan motivasi belajar peserta didik dapat ditumbuhkan dalam suasana kelas dan di luar kelas yang menggairahkan. Diharapkan selanjutnya peserta didik akan dapat mengembangkan inisiatif untuk melakukan tindakan yang mampu dilakukannya terhadap fakta yang ada di sekitarnya. (pgn1/zal)

Kepala SDN 2 Margosari Patebon Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya