alexametrics

Lingkungan sebagai Sumber Belajar IPS

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMA yang dikaji dalam IPS adalah fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat baik masa lalu, masa sekarang, dan kecenderungannya di masa-masa mendatang. Pada jenjang SMP/MTs, mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Pembelajaran IPS di sekolah masih banyak mengalami kendala. Yaitu belum memaksimalkan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber dan media pembelajaran. Guru dalam perencanaan pembelajaran belum mengembangkan materi pembelajaran yang terkait dengan lingkungan alam sekitar. Peserta didik menjadi kurang aktif dan bahkan tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran yang ada karena media pembelajara yang monoton.

Sangat diperlukan terobosan kreativitas dan inovasi pembelajaran mesti diselaraskan dengan tingkat perkembangan anak dan tuntutan zaman dengan tetap mengacu pada akurasi data yang dapat dipertanggugjawabkan. Termasuk pembelajaran di luar ruang dalam hal ini lingkungan sekitar, yang dimaksud lingkungan didsini menurut Munajat Danusaputra (1985) adalah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktifitasnya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan hidup dan jasad renik lainnya. harus semakin dioptimalkan.

Baca juga:  Belajar dari Pandemi: Pentingnya Mengembangkan Regulasi Diri Siswa (RDS)

Pembelajaran IPS yang memanfaatkan lingkungan sekitar diharapkan bisa dan mampu meningkatkan minat belajar IPS bagi peserta didik MTs NU 20 Kangkung. Peserta didik diwajibkan memperlakukan alam dengan baik. Untuk mengurai sejatinya IPS agar ada rasa kecintaan terhadap IPS, peserta didik harus mengenal lingkungan alam sekitarnya.

Pembelajaran memanfaatkan lingkungan alam bukanlah model pembelajaran yang baru. Dampak positif dari model ini peserta didik dapat terpacu sikap rasa keingintahuan tentang sesuatu yang ada di sekitar kita. Misalnya pada pelajaran IPS KD 3.3 Memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam penawaran dan permintaan, teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-negara ASEAN. Pada KD ini ada materi pokok tentang “Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur” yang sangat cocok dan relevan kalau pembelajaran pada materi ini dilakukan diluar kelas, disini peserta didik bisa tahu dan merasakan lingkungan maritim seperti apa, lingkungan agrikultur seperti apa, sehingga peserta didik akan menjadi lebih mengenal lingkungan hidupnya.

Baca juga:  Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS di Masa Pandemi dengan Film Animasi

Kelemahan model pembelajaran memanfaatkan lingkungan alam adalah membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih dan dapat digunakan dalam beberapa materi saja. Sedangkan kelebihannya peserta didik dapat memahami dirinya sendiri dan menumbuhkan rasa kecintaan peserta didik terhadap lingkungan alam mereka. Peran guru sebagai fasilitator harus mampu memberikan kemudahan kepada anak didik untuk mempelajari berbagai hal yang terdapat dalam lingkungannya.

Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sebenarnya memberikan berbagai alternatif pendekatan dalam pembelajaran peserta didik yang terjadi dalam kehidupan. Penulis berharap sejatinya IPS itu merupakan suatu ilmu yang luas yang tidak berkembang sendiri tanpa memanfaatkan lingkungan alam.

Upaya melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab kita sebagai guru, peserta didik dan manusia. Ketersediaan lingkungan alam di sekolah merupakan salah satu faktor pendukung dalam memanfaatkan lingkungan pembelajaran IPS di MTs NU 20 Kangkung. Pemanfaatan lingkungan alam MTs NU 20 Kangkung sebagai media pembelajaran IPS sudah terlaksana dengan baik dan didukung oleh beberapa guru IPS yang lain. Adapun faktor yang mendukung pembelajaran pemanfaatan lingkungan adalah lokasi sekolah dan tempat tinggal peserta didik yang dekat dengan daerah pertanian dan pantai. Meskipun peserta didik mengalami kesulitan tetapi mereka mengaku senang dan tambah pengalaman hidup dengan pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan lingkungan alam sekitar. (pgn2/zal)

Baca juga:  Memahami Makna Pakaian Adat Jawa secara Online

Guru IPS MTs NU 20 Kangkung Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya