alexametrics

GFM Tingkatkan Siswa Lolos SNMPTN

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KULIAH di perguruan tinggi (PT) favorit merupakan impian bagi banyak siswa. Tidak terkecuali siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kendal. Namun tidak semua siswa dapat meraihnya. Karena kompetisi masuk perguruan tinggi sangat ketat.
Ada beberapa jalur seleksi masuk perguruan tinggi, salah satunya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Keikutsertaan siswa untuk mendaftar pada jalur SNMPTN tergantung pada nilai akreditasi sekolah. Apabila nilai akreditasi sekolah A, maka dapat mendaftarkan 40 persen siswa terbaiknya. Nilai akreditasi B, 25 persen siswa terbaik. Nilai akreditasi C dan lainnya, 5 persen siswa terbaiknya.

Syarat bagi siswa untuk mendaftar di jalur seleksi SNMPTN adalah nilai raport semester 1 sampai semester 5. Bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang akademik, seni dan olah raga dapat disertakan sebagai nilai tambahan. Agar siswa dapat lolos pada jalur seleksi SNMPTN, maka diperlukan peran serta guru bimbingan konseling (BK). Guru BK diharapkan mampu memberikan layanan dan strategi yang tepat agar siswa lolos seleksi.

Baca juga:  Google Jamboard Alternatif Media Pembelajaran Interaktif

Salah satu yang dapat dilakukan guru BK adalah memberikan layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Artinya, semua peserta dalam kegiatan kelompok saling berinteraksi, bebas mengeluarkan pendapat, menanggapi, memberi saran, dan lain-lain sebagainya. Apa yang dibicarakan itu, semuanya bermanfaat untuk diri peserta yang bersangkutan sendiri dan untuk peserta lainnya (Prayitno, 1995:178).

Bimbingan kelompok beranggotakan 10-15 orang. Layanan bimbingan kelompok perlu didukung dengan teknik yang tepat agar hasilnya maksimal. Teknik yang digunakan adalah Google Form Mapping (GFM) atau Pemetaan menggunakan Google formulir. Menurut (Sudaryo, yoyo dkk 2019:1) Google formulir atau Google Form adalah salah satu fitur di Google yang bertujuan untuk memudahkan pengguna membuat suatu survei/formulir melalui internet. Fitur ini tersedia secara gratis. Selain itu, data yang sudah terisi akan tersimpan pada akun Google pengguna yang dapat diakses secara online.

Baca juga:  WhatsApp Group Sarana Komunikasi Siswa di Masa Pandemi

Teknik GFM dipilih, karena pada jalur seleksi SNMPTN siswa sering melakukan pergantian pilihan PTN maupun program studi. Siswa tidak menginginkan adanya kesamaan pilihan dengan siswa lain. Karena semakin banyak pilihan yang sama, maka kesempatan siswa untuk lolos menjadi kecil. Tehnik GFM memberikan kemudahan bagi guru BK untuk mengetahui adanya siswa yang memiliki kesamaan pilihan. Guru BK dapat menganalisis data kapanpun dan dimanapun.

Setelah semua siswa mengisi pilihan PTN dan prodi, selanjutnya guru BK memetakan dengan cara mengelompokkan siswa berdasarkan kesamaan pilihan program studi. Setiap kelompok ada guru BK yang bertugas membimbing siswa. Langkah selanjutnya adalah melakukan layanan bimbingan kelompok.

Ada empat tahapan dalam layanan bimbingan kelompok. Tahap awal yaitu tahap perkenalan. 1) Pada tahap ini guru BK dapat memberikan selingan game atau permainan kecil agar anggota kelompok lebih akrab. 2) Tahap peralihan merupakan jembatan menuju tahap berikutnya. Pada tahapan ini guru BK menjelaskan tentang tujuan dan asas dilaksanakan kegiatan layanan. 3) Tahap inti yaitu tahapan dimana masing-masing anggota kelompok saling memberikan informasi dan tanggapan. Masing-masing siswa menginformasikan nilai raport dan peringkat yang dimiliki. Siswa yang memiliki nilai tertinggi diberi kesempatan untuk memilih PTN sesuai minat dan kemampuan, diikuti oleh siswa lain yang nilai raport di bawahnya dan seterusnya. Sehingga masalah pemetaan dapat terpecahkan dalam tahapan ini.

Baca juga:  Media Pias-Pias Kata Memudahkan Membaca Permulaan

4) Tahap pengakhiran yaitu tahap berhentinya kegiatan yang diakhiri dengan pesan dan kesan anggota kelompok.
Layanan bimbingan kelompok dengan memanfaatkan teknik GFM di SMAN 1 Kendal, sudah dilakukan selama 2 tahun terakhir. Hasilnya pada tahun pelajaran 2018/2019 ada peningkatan jumlah siswa yang lolos jalur SNMPTN yaitu sebesar 43,47 persen dibandingkan tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan tahun pelajaran 2019/2020 ada peningkatan sebesar 65,21 persen jika dibandingkan tahun pelajaran 2017/2018. (pgn2/ida)

Guru BK SMAN 1 Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya