alexametrics

Cantiknya Angka-Angka Trigonomtri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah ilmu dasar yang harus dipelajari. Matematika sangat dibutuhkan di berbagai jenis ilmu ataupun pekerjaan. Matematika adalah mata pelajaran yang menurut peserta didik adalah mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Mendengar kata matematika saja rasanya sudah membuat dahi peserta didik menjadi berkerut, apalagi mendengar kata Trigonomtri, rasanya peserta didik akan semakin tidak berminat. Guru harus bisa memberikan cara-cara agar peserta didik merasa senang dan mudah untuk mempelajari serta memahaminya.

Peserta didik di MAN Kendal kelas X mempelajari nilai Trigonometri dengan menggunakan angka dan rumus cantik untuk mempermudah mengingat dan memahaminya. Trigonometri adalah ilmu matematika yang mempelajari tentang sudut, sisi, dan perbandingan antara sudut terhadap sisi.Nilai perbandingan Trigonometri ada 6 yaitu sinus (sin), cosinus (cos), secan (sec), cosecan (cosec), tangen (tan atau tg ), dan cotangen (cotan). Nilai perbandingan Trigonomtri Sin dan Cos untuk sudut istimewa angkanya sangat cantik berasal dari ,… diisi dengan angka–angka yang cantik urut dari 0, 1, 2, 3, 4 dan selanjutnya disederhanakan menjadi 0, . Untuk nilai sin seperti anak kandung yang akan selalu sesuai porsinya, selalu sama yang kecil dapat kecil yang besar dapat besar. Untuk nilai cos berkebalikan seperti anak tiri yang dalam masyarakat mendapat sesuatu yang tidak adil, yang kecil dapat besar dan yang besar dapat kecil. Untuk sudut- sudut istimewa di kwadran I atau sudut lancip berurutan naik yaitu sudut 0 , 30 , 45 , 60 , 90 maka nilai sinnya juga berurutan naik yaitu 0, . Sebaliknya untuk nilai cos dengan sudut berurutan naik yaitu 0 , 30 , 45 , 60 , 90 maka nilai perbandingan Trigonometrinya berurutan turun yaitu 1, . Untuk memudahkan mengingat kita tulis di jari tangan kita yang kiri urut dari bawah jari terkecil kelingking, jari manis, jari tengah, jari telunjuk dan sampai terbesar ibu jari berturut – turut angka 0, .

Baca juga:  Membuat Kolase dari Bahan Alam Alternatif Pembelajaran Daring

Inilah nilai perbandingan Trigonometri sin dari sudut terkecil 0 , dan seterusnya berurutan sampai untuk sudut 90 Sedangkan untuk nilai kos- nya tangan kiri kita, kita balik sehingga ibu jari di bawah dan inilah urutan nilai cos dari 0 , 30 , 45 ,60 , 90 yaitu untuk nilai kos 0 , dan seterusnya sampai nilai kos sudut 90 Di mana jari- jari tengah dibolak balik tetap di tengah maka nilai sin dan cos 45 adalah sama yaitu . Nilai sin dan cos harus kita ingat semua. Untuk nilai- nilai perbandingan Trigonometri yang lain tinggal memasukkan ke dalam rumus. Tangen = , Secan = , Cosecan = , Cotangen = .

Untuk memudahkan mengingat secan dan cosecant harus ada kata-kata cos. Secan belum ada kata cosnya maka secan dalah sepercos sedangkan cosecan sudah ada kata cosnya maka sepersin. Kemudian peserta didik akan dapat melengkapi tabel nilai perbandingan Trigonomtri. Trigonometri tidak sulit dan sangat menyenangkan kalau kita bisa memahaminya dengan cara-cara yang menyenangkan. Matematika indah, matematika menyenangkan. (pgn1/ton)

Baca juga:  Pendidikan Karakter Siswa dalam Nuansa Islami saat Ramadan

Guru Matematika MAN Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya